detikNews
Senin 13 Maret 2017, 20:37 WIB

Pemalak Sopir Truk Dibekuk, Modusnya 'Jual' Stiker Rp 30 Ribu

Raja Adil Siregar - detikNews
Pemalak Sopir Truk Dibekuk, Modusnya Jual Stiker Rp 30 Ribu Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang - Pemalak sopir truk di Prabumulih, Sumatera Selatan, dibekuk. Mereka meresahkan karena memaksa sopir membeli stiker dengan jaminan keamanan seharga Rp 30 ribu.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan tiga pelaku beraksi pada malam hari sejak 2006 di Prabumulih. Sopir yang tak mau membayar diancam dengan senjata tajam. Dalam sehari, mereka menyasar 100 truk.

"Stiker bertarif Rp 30 ribu per kendaraan," jelas Agung dalam gelar perkara di Mapolda Sumsel, Jl Sudirman Km 3,5 Palembang, Senin (13/3/2017).

Pemalak Sopir Truk Dibekuk, Modusnya 'Jual' Stiker Rp 30 RibuFoto: Raja Adil Siregar/detikcom

Selain kasus pemalakan, dalam sepekan terakhir, Polda Sumsel mengungkap kasus pemerasan dan penggelapan mobil rental. Sebelas orang ditangkap dalam kasus pemerasan dan 7 orang dalam kasus penggelapan mobil rental. Khusus kasus penggelapan mobil rental, sebanyak 17 unit mobil dijual tersangka.

"Sejauh ini, 6 unit sudah diamankan," jelas jenderal kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, ini.

Pemalak Sopir Truk Dibekuk, Modusnya 'Jual' Stiker Rp 30 RibuFoto: Raja Adil Siregar/detikcom
Soal pemalakan dengan modus jual stiker, Kapolres Prabumulih melalui Kabag Ops Kompol Andi Supriadi menambahkan, pelaku mengejar sopir truk menggunakan sepeda motor. Kemudian mereka memaksa sopir truk membayar demi jaminan keamanan saat melintas.

"Satu malam itu bisa sampai 100 lebih kendaraan yang lewat. Bayangkan saja berapa mereka dapat dari hasil pemalakan itu," jelas Andi.
(try/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com