detikNews
Jumat 24 Februari 2017, 08:47 WIB

Soal Istibsyaroh-Presiden Israel, MUI: Tabayun Terkendala Jarak

Galang Aji Putro - detikNews
Soal Istibsyaroh-Presiden Israel, MUI: Tabayun Terkendala Jarak Presiden Israel Rivlin bersama Ketua Komisi dari MUI Istibsyaroh (Foto: GPO/Mark Neiman)
Jakarta - Proses tabayun MUI untuk memeriksa Ketua Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga MUI Istibsyaroh belum berjalan lancar. Istibsyaroh akan diperiksa terkait pertemuannya dengan Presiden Israel Reuvlen Rivlin di Tel Aviv.

"Kemarin waktu rapat hari Selasa (21/2) mau dibahas, tapi di-pending karena waktunya nggak ngejar," ucap Waketum MUI Zainut Tauhid kepada detikcom, Kamis (23/2/2017) malam.

Politikus PPP yang juga bertindak sebagai ketua tim tabayun itu mengatakan penundaan dilakukan karena, sepulang dari umrah, saat ini Istibsyaroh masih berada di Surabaya. Namun Zainut mengungkapkan Istibsyaroh sudah memberikan surat pernyataan terkait permasalahan itu.

"Yang bersangkutan sudah memberi surat pernyataan. Tapi (surat) itu harus kami nilai dulu. Proses pemeriksaan sudah jalan, cuma beliau sekarang posisinya masih di Surabaya. Jadi harus menyamakan waktunya dulu," imbuhnya.

Zainut mengaku tidak begitu ingat isi surat tersebut. Namun dia menuturkan, inti pernyataan itu adalah adanya unsur ketidaksengajaan Istibsyaroh bertemu dengan Reuvlan.

"Wah lupa (isinya). Tapi intinya itu yang pasti beliau tidak dalam posisi sengaja bertemu Presiden Israel. Beliau tidak tahu jika akan bertemu Presiden Israel waktu itu," paparnya.

Sebelumnya, MUI menggelar rapat pimpinan untuk membahas sanksi bagi Istibsyaroh. Zainut menyatakan akan ada proses klarifikasi terlebih dahulu.

"Pasti kami ingin mendengarkan dahulu, proses tabayun yang dilakukan. Karena kami bentuk tim untuk klarifikasi ke beliau sehingga kami mendengarkan hasil klarifikasi itu. Dari situlah kami bisa menilai tingkat kesalahannya, baru kami putuskan itu," kata Zainut saat berbincang dengan detikcom, Senin (23/1).
(gla/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com