DetikNews
Jumat 17 Februari 2017, 14:40 WIB

Jakarta Memilih

Agus Akui Kekalahan, SBY Nonblok di Putaran Dua?

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Agus Akui Kekalahan, SBY Nonblok di Putaran Dua? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono telah mengakui kekalahan di Pilgub DKI 2017. Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak memberikan arahan kepada timses Agus-Sylviana Murni untuk merapat ke salah satu kubu di putaran dua Pilgub DKI.

"Memang tidak ada arahan untuk ke calon nomor dua maupun calon nomor tiga," kata Waketum PD Roy Suryo kepada wartawan, Jumat (17/2/2017).

Kalau kemudian relawan yang deklarasi mendukung Anies Baswedan-Sandiaga Uno maupun Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat ditegaskan bukan merupakan sikap partai. PD sampai kini tidak mengambil sikap mendukung Anies maupun Ahok.

"Jadi kalau ada yang deklarasi itu hanya demokratis saja. Kalau secara relawan itu terserah mereka. Besar kemungkinan PD akan mengambil posisi pada hari pengumuman yang maju putaran dua, jadi memang tidak ada arahan sama sekali ke calon nomor dua maupun nomor tiga," katanya lagi.

Meski SBY belum secara resmi menyatakan sikap politiknya, sebenarnya Ketua Dewan Pembina PD EE Mangindaan membebaskan pilihan kepada DPP.

"Kalau menurut saya dibebaskan saja, kemampuan masing-masing pribadi menilai siapa yang pas untuk jadi lebih pas," ungkap Mangindaan di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Saat ini, kubu Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno tengah menantikan sikap partai-partai pendukung Agus-Sylvi. Menurut Mangindaan, dua pasangan tersebut sama-sama pas untuk memimpin Jakarta.

"Dua-dua pas, semua pas tetapi yang lebih pas mereka (DPP) akan menilai sendiri," ujarnya.


(van/fjp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed