DetikNews
Jumat 10 Februari 2017, 19:22 WIB

KPK: 5 Korporasi dan 14 Orang Kembalikan Uang Terkait Kasus e-KTP

Haris Fadhil - detikNews
KPK: 5 Korporasi dan 14 Orang Kembalikan Uang Terkait Kasus e-KTP Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - KPK sudah menerima uang senilai Rp 250 miliar terkait kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Uang yang dikembalikan berasal dari 5 korporasi, 1 konsorsium, dan 14 orang.

"Kasus indikasi korupsi pengadaaan KTP berbasis elektronik, sampai dengan saat ini ada pengembalian uang ke KPK Rp 250 miliar. Pengembalian uang dari sejumlah korporasi tepatnya dari 5 korporasi dan 1 konsorsium. Dari korporasi dan konsorsium nilainya Rp 220 miliar. Kemudian ada pengembalian dari 14 orang ini yang informasinya cukup kooperatif. Uang yang dikembalikan dari 14 orang tersebut total nilainya Rp 30 miliar," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017).

Febri tidak menyebutkan detail terkait identitas dari pihak yang mengembalikan uang tersebut. Dia hanya menyebut dari 14 orang yang telah mengembalikan uang tersebut sebagiannya adalah anggota DPR.

"Sebagian dari 14 orang tersebut adalah anggota DPR RI saat peristiwa tersebut terjadi," ujarnya.

Menurutnya, masih ada waktu bagi pihak-pihak yang menerima aliran dana dugaan korupsi proyek e-KTP. Febri berharap sikap kooperatif dari pihak lain yang turut menerima.

"Masih ada waktu bagi pihak lain yang pernah menerima dana untuk mengembalikannya ke KPK dan bersikap kooperatif akan lebih baik dari pihak yang mengembalikan," sambung Febri.

Febri sebelumnya menyebut ada total uang Rp 247 miliar yang disita sepanjang 2016 dalam kasus itu. Uang tersebut berasal dari perorangan dan beberapa korporasi.

Tentang pengembalian uang tersebut, KPK menegaskan hal tersebut tidak serta-merta menghapus tindak pidana yang dilakukan.

Saat ini KPK baru menetapkan dua orang tersangka, yaitu Sugiharto dan Irman. Keduanya merupakan eks pejabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ketika proyek itu bergulir.


(HSF/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>