DetikNews
Kamis 26 Jan 2017, 00:02 WIB

Panglima TNI: Kita Satukan Visi dan Amankan Pilkada

Jabbar Ramdhani - detikNews
Panglima TNI: Kita Satukan Visi dan Amankan Pilkada Foto: Istimewa/Puspen TNI
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin Apel Komandan Satuan (AKS), Rabu (25/1) malam. Gatot mengatakan, tujuan apel ini guna menindaklanjuti rapat pimpinan (rapim) yang sudah dilakukan sebelumnya.

"Apel Komandan Satuan ini diikuti oleh 1156 komandan satuan di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Baik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara. Tujuannya adalah menindaklanjuti hasil rapim. Jadi ada arahan-arahan dari Presiden," ujar Gatot di Markas Divisi Infanteri 1/Kostrad, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (25/1/2017) malam.

Ia menambahkan, AKS dilakukan juga untuk menindaklanjuti rapim dari Kepolisian RI. Gatot yang hadir pada acara tersebut mengatakan, Presiden Joko Widodo juga memberikan petunjuk kepada TNI dan Polri.

"Sehingga dengan Kapolri sudah sepakat, TNI dan Polri satu visi untuk mendukung semua program-program pemerintah yang dipimpin oleh Presiden yang dipilih secara sah dan konstitusional. Itu yang pertama," ujar Gatot.

Selain itu, dalam AKS ini, Gatot juga memberikan arahan kepada prajurit TNI untuk netral dalam pilkada yang akan digelar pada Februari nanti. Selain itu, TNI juga akan membatu Polri dalam melakukan pengamanan dan pengawasan.

"Kedua, dalam menghadapi pilkada, TNI netral dan membantu Polri sebelum pilkada atau pra pilkada, pelaksanaan pilkada, sampai dengan selesai pilkada. Agar program-program pemerintah berjalan. Para komandan inilah yang di lapangan nantinya, sehingga saya harus tegaskan benar, tidak ada keraguan nantinya dalam melaksanakan tugasnya," ungkapnya.

Gatot menyampaikan, alasan utama TNI ikut serta dalam pengamanan pilkada adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga gelaran pilkada dapat berjalan hingga selesai.

"(Alasannya), secara logika, pilkada ini ada di 101 daerah dan tempatnya tersebar. Kepolisian juga tersebar. Maka untuk menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan, agar pesta demokrasi ini berjalan sesuai dengan demokrasi yang ada maka TNI harus membantu sepenuhnya, apapun," ujarnya.

Apel komandan satuan ini bertemakan "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Melaksanakan Tugas Pokok". Tema ini diharapkan dapat mengembangkan ketauladanan prajurit. Sehingga para prajurit berpegang teguh kepada nilai-nilai dasar prajurit dan jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional yang profesional.

Dalam AKS ini, turut hadir Kepala Staf Angkat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supendi dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
(jbr/jor)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed