DetikNews
Rabu 11 Januari 2017, 18:23 WIB

Tak Hanya PDIP dan DPD, Gerindra Juga Incar Kursi Pimpinan MPR

Indah Mutiara Kami - detikNews
Tak Hanya PDIP dan DPD, Gerindra Juga Incar Kursi Pimpinan MPR Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Wacana revisi UU MD3, yang awalnya hanya untuk mengakomodasi keinginan PDIP, kini substansinya makin meluas. Masing-masing fraksi berharap mendapat tambahan kursi, termasuk Gerindra, yang mengincar kursi pimpinan MPR.

"Ada keinginan dari Fraksi (Gerindra) karena ada keperluan di sana. Nanti biar dari pimpinan fraksi yang bicara," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon saat dihubungi, Rabu (11/1/2017).

Baca Juga: PDIP Bakal Jadi Pimpinan DPR, DPD Juga Minta Jatah di MPR

Seperti diketahui, saat ini ada lima orang pimpinan MPR. Mereka adalah Zulkifli Hasan (PAN), EE Mangindaan (Demokrat), Mahyudin (Golkar), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta Odang (DPD).

Fadli, yang juga merupakan Wakil Ketua DPR, menyebut aspirasi itu akan dibahas di rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Gerindra merasa butuh duduk di kursi pimpinan MPR.

"Saya kira ada kepentingan dan kebutuhannya. Tapi ya nanti kita bicarakan di Bamus," ucapnya.

Baca Juga: Ramai-ramai Minta Tambah Jatah Kursi di Parlemen

Sebelumnya diberitakan, PDIP menginginkan kursi pimpinan DPR dan MPR karena sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak di pemilu, mereka tidak duduk sebagai pimpinan. Sementara itu, DPD, yang sudah punya 1 kursi di pimpinan MPR, kemudian meminta tambahan 1 kursi lagi dengan alasan untuk penguatan.
(imk/bpn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed