DetikNews
Senin 19 Desember 2016, 18:28 WIB

Menhub Tinjau Pelabuhan Makassar Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Nathania Riris Michico - detikNews
Menhub Tinjau Pelabuhan Makassar Jelang Libur Natal dan Tahun Baru Foto: Menhub cek pelabuhan di Makassar/ Nathania detikcom
Makassar - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Penumpang di Dermaga Soekarno-Hatta, Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam kunjungan kerjanya itu, Menhub mengecek fasilitas dan kesiapan petugas pelabuhan jelang Libur Natal dan Tahun Baru.

Saat memasuki terminal penumpang, Menhub langsung menuju tempat pemeriksaan tiket di dekat pintu masuk. Dia mengingatkan agar para petugas bisa bekerja cepat dan memberi pelayanan yang maksimal.

Menhub Tinjau Pelabuhan Makassar Jelang Libur Natal dan Tahun BaruFoto: Menhub cek pelabuhan di Makassar/ Nathania detikcom


Menuju boarding room, Menhub menyapa beberapa penumpang yang sedang menunggu masuk ke dalam kapal. Dia berkenalan dengan penumpang dan menanyakan bagaimana fasilitas di pelabuhan tersebut.

"Bagaimana Mas, pelayanan di sini bagus enggak? Sudah baik?" tanya Menhub kepada salah satu penumpang di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/12/2016).

"Bagus Pak," jawab pria bernama Saka (36) tersebut di lokasi yang sama.

Ketika berbincang singkat dengan Menhub Budi Karya, Saka mengatakan dirinya akan berangkat menuju Surabaya. Harga tiket kapal menuju Surabaya sebesar 400 ribu rupiah.

Budi Karya pun sempat meminta Saka untuk menunjukkan tiket kapalnya kepada awak media.

"Hati-hati ya Mas," kata Budi Karya seraya bersalaman dengan Saka.

Setelah itu Menhub menyapa dan bersalaman dengan penumpang lain. Dia sempat bercengkerama singkat dengan turis berkewarganegaraan Polandia yang berada di Makassar.

Menhub juga mengajak anak-anak kecil yang sedang menunggu kapal bersama kedua orang tua untuk menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Setelah selesai bernyanyi banyak warga lagi yang berebut untuk bersalaman dengannya.

Setelah bertemu masyarakat, Menhub beranjak untuk mengecek toilet umum di pelabuhan. Dia melihat bilik di toilet laki-laki dan cukup puas karena toilet bersih dan wangi.

Dia juga menyempatkan mengecek Ruang Kesehatan yang berada di pelabuhan. Meski kecil, ruangan tersebut bersih dan nyaman untuk penumpang yang butuh pertolongan pertama, serta ada petugas yang bersiaga selama 24 jam.

"Pertama kita mau memastikan angkutan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan baik. Tadi kita lihat service yang diberikan Pelindo IV cukup baik, tadi saya tanya ke beberapa penumpang. Harapannya ini bisa dijaga sampai nanti Tahun Baru," kata Menhub usai meninjau lokasi pelabuhan kepada awak media.

Menhub Tinjau Pelabuhan Makassar Jelang Libur Natal dan Tahun BaruFoto: Menhub cek pelabuhan di Makassar/ Nathania detikcom


Dia mengingatkan agar kecenderungan peningkatan penumpang diperhatikan dan segera dipersiapkan agar mereka yang ingin pulang kampung bisa mendapat kapal. Sejauh ini menurutnya Pelabuhan Makassar bisa memfasilitasi masyarakat dengan baik.

"Penumpang tadi saya tanya cukup puas, termasuk ada turis dari Polandia juga cukup puas dengan service yang diberikan. Kita harap ini bisa dijaga dan kebersihan juga dijaga," tuturnya.
(nth/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed