DetikNews
Sabtu 17 Desember 2016, 10:07 WIB

Kibarkan Bendera, Menteri Susi Lepas Peserta Salahutu Aquathlon

Haris Fadhil - detikNews
Kibarkan Bendera, Menteri Susi Lepas Peserta Salahutu Aquathlon Menteri Susi melepas peserta Aquathlon (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
Ambon - Salahutu Adventure Aquathlon 2016 resmi dimulai. Peserta lomba dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan mengibarkan bendera start didampingi oleh Gubernur Maluku Said Assagaff.

"Saya yakin sportivitas yang muncul dari kegiatan olah raga akan membangun integritas bangsa. Dan itu diperlukan,
Indonesia perlu integritas, perlu sportivitas, perlu spirit untuk membangun," kata Susi dalam sambutannya sebelum melepas para peserta di Pantai Natsepa, Salahutu, Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (17/12/2016).

Kibarkan Bendera, Menteri Susi Lepas Peserta Salahutu AquathlonFoto: Haris Fadhil/detikcom


Ia juga menyatakan bahwa sudah saatnya rakyat Maluku mampu mengelola kekayaan alamnya yang besar. Menurutnya, selama ini kekayaan alam Maluku habis dicuri oleh bangsa lain.

"Kekayaan Maluku selama ini dicuri, diambil tanpa sedikit pun membawa nama besar atau menyejahterakan masyarakat Maluku. Kita harus persiapkan fisik dan mental orang Maluku untuk bisa mengelola kekayaan alam yang besar," jelas Susi.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menjelaskan bahwa Aquathlon ini diselenggarakan dalam rangka mencari bibit atlet dan melestarikan budaya. Menurutnya lomba ini memadukan ketangkasan dan kekuatan fisik.

Kibarkan Bendera, Menteri Susi Lepas Peserta Salahutu AquathlonFoto: Haris Fadhil/detikcom


"Lomba aquathlon ini diselenggarakan dengan tujuan mencari bibit-bibit atlet, sekaligus melestarikan tradisi wilayah ini. Lomba Salahutu Aquathlon ini merupakan lomba yang memadukan ketangkasan dan kekuatan fisik, salah satunya adalah kombinasi materi lari dan renang dengan jarak yang cukup jauh," jelas Pangdam Pattimura.

Ia juga menambahkan lomba ini diharapkan mampu memperkenalkan potensi wisata di Maluku dan menarik wisatawan berkunjung di Maluku.

"Melalui lomba ini kita juga ingin memperkenalkan pariwisata yang dimiliki wilayah Ambon. Sehingga Ambon akan semakin dikenal luas sebagai wilayah yang damai, aman dan humanis," ucap Mayjen Doni.

Peserta sendiri mencapai seribu orang yang terbagi dalam 12 kategori perlombaan untuk putra dan putri. Para peserta terdiri dari atlet, TNI/Polri, dan umum.

Lomba aquathlon sendiri dimulai dengan renang yang menempuh jarak dua kilometer dan dilanjutkan dengan lari atau bersepeda yang masing-masing kategori punya jarak tempuh berbeda. Lomba mengambil garis start di Pantai Nastepa, negeri Suli dan finis di Pantai Liang, negeri Liang kecamatan Salahutu.

Tentang Aquathlon Salahutu, Promosi Wisata Dibalut Olahraga

Kibarkan Bendera, Menteri Susi Lepas Peserta Salahutu AquathlonFoto: Haris Fadhil/detikcom


Maluku dikenal sebagai daerah kepulauan penghasil ikan. Namun, potensi Maluku bukan hanya ikan, wisata juga menjadi salah satu potensi yang menjanjikan di wilayah ini.

Kodam XVI Pattimura yang menyadari potensi tersebut coba memberi sentuhan olahraga dalam promosi wisata Maluku. Hal ini dilakukan dengan menggelar Salahutu Aquathlon Adventure.

"Ini digagas untuk perkenalkan potensi wisata kita di Maluku," kata Kapendam XVI Pattimura, Kolonel Hasyim Lalhakim di garis finish lomba tepatnya di pantai Liang, negeri Liang, Salahutu, Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (17/12/2016).

Hal tersebut terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai seribu orang bahkan terdapat beberapa peserta dari luar negeri. Salah satunya, Collin yang berasal dari Inggris menyatakan senang dengan ajang ini.

"Lokasi startnya bagus, pantai dan lautnya indah sekali. Tapi saat lari tadi panas. Namun saya bisa sampai finish, senang sekali dan harapannya bisa lebih banyak orang bisa lihat indahnya daerah Maluku ini," ujar Collin.

Peserta asing lainnya, Sarah asal Portugal mengaku sudah dua kali di Maluku. Sebelumnya ia mengikuti ajang Triathlon di Nusalaut, Maluku beberapa waktu lalu.

"Ini kedua kali saya kemari, pertama sekitar beberapa bulan lalu ikuti yang triathlon di Nusalaut. Saya sudah sejak dua hari yang lalu di Ambon, karena setelah pertama ke sini saya dengar banyak tempat wisata jadi saya sempat berkunjung ke beberapa tempat itu," ujarnya.

Ia juga mengaku akan kembali lagi ke Maluku jika ada kesempatan lagi. "Saya akan ke sini lagi kalau ada kesempatan, karena masih belum sempat saya kelilingi semua," tambahnya.

Kibarkan Bendera, Menteri Susi Lepas Peserta Salahutu AquathlonFoto: Haris Fadhil/detikcom


Atlet nasional yang sempat menjuarai ajang triathlon di ASEAN Cup 2015, Adi Ahmad Jukardi juga mengaku senang dengan antusiasme masyarakat Maluku. Meski begitu ia terkejut dengan jalur yang menurutnya sangat sulit.

"Saya basicnya di sepeda, renang dan lari ini gambling ya. Jalur juga berat, banyak tanjakan, tapi saya senang dengan alamnya dan antusias masyarakat,"

Atlet lainnya, Jauhari Johan juga mengakui acara ini sangat baik. Namun, ia juga mengakui medan berupa tanjakan dan turunan yang begitu berat.

"Medannya banyak tanjakan ya, rutenya lumayan berat. Masyarakat saya kira sangat antusias, banyak disepanjang jalan menonton dan teriak kasih semangat. Faktor cuaca juga pengaruh ya, tadi kan saat start panas sekali tapi di perjalanan mulai mendung jadi ya lumayan membantu," ujar Johan.
(HSF/dhn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed