DetikNews
Senin 12 Desember 2016, 20:55 WIB

Ini Alasan Polisi Tak Umumkan Jumlah Personel Pengamanan Sidang Ahok

Mei Amelia R - detikNews
Ini Alasan Polisi Tak Umumkan Jumlah Personel Pengamanan Sidang Ahok Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
FOKUS BERITA: Ahok Dieksekusi
Jakarta - Pihak kepolisian telah menyiapkan personel untuk pengamanan sidang perdana Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok). Namun polisi tidak mengumumkan berapa jumlah personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan tersebut.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, ada beberapa pertimbangan mengapa jumlah personel tidak disampaikan ke publik.

"Kalau soal jumlah kami tidak menyampaikan jumlah karena sesuatu hal antara lain, kalau kekuatan itu disampaikan tentu akan jadi peluang bagi mereka untuk memanfaatkan momen untuk melakukan keributan," kata Martinus kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (12/12/2016).

Di sisi lain, jumlah pengamanan sangat tergantung dengan situasi yang berkembang di lapangan nantinya.

"Kedua, jumlah pengamanan ini sangat dinamis tidak akan bisa persis sama karena melihat dinamika yang ada tentu tergantung dinamika yang ada," lanjutnya.

Polisi bisa saja menambah perkuatan apabila terjadi eskalasi massa pengunjung yang akan menyaksikan persidangan itu secara langsung di pengadilan.

"Karena secara aktual di lapangan apabila dibutuhkan tambahan personel tentu tidak akan sama. Banyak memang ada sprint berisi nama-nama tapi di luar itu aktivitasnya juga yang mendukung," tuturnya.

Sidang Ahok atas dugaan penistaan agama itu akan digelar di eks gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada pada Selasa 13 Desember besok.
(mei/idh)
FOKUS BERITA: Ahok Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed