DetikNews
Sabtu 26 November 2016, 18:33 WIB

Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Longsor di Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Longsor di Banyumas Banjir dan longsor di Banyuwas, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2016). Foto: Arbi Anugrah-detikcom
Banyumas - Hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (25/11) sore mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah Banyumas, Jawa Tengah.

Longsor dari tebing setinggi 25 meter di Desa Jatisaba, Cilongok, membuat akses jalan alternatif dari Purwokerto menuju Cilacap terputus. Puluhan warga saat ini berupa menyingkirkan material longsoran berupa batu dan lumpur.

"Perlu alat berat untuk menyingkirkan material ini, kalau pakai tenaga manusia, paling tidak butuh waktu tiga hari baru bisa dilalui," kata Kirun, warga setempat, Sabtu (26/11/2016).

 Banjir dan longsor di Banyuwas, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2016)Foto: Arbi Anugrah-detikcom
Banjir dan longsor di Banyuwas, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2016)


Camat Cilongok, Rusmanto menyebut ada dua titik longsor yang terjadi dan mengakibatkan akses jalan terputus. "Kami mengimbau kepada warga untuk waspada, karena longsor susulan bisa terjadi, mengingat curah hujan masih cukup tinggi," ujarnya.

Sementara itu banjir di Banyumas terjadi di Desa Sawangan Wetan, Kecamatan Patikraja. Di wilayah ini ada sekitar 28 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian mencapai 2 meter. Banjir terjadi karena luapan sungai Tenggulun.

"Di sini banjirnya itu sampai seleher orang dewasa," kata Eka, warga sekitar.

Setelah banjir surut di beberapa titik, warga dibantu anggota TNI membersihkan sisa lumpur di rumah dan jalan.

 Banjir dan longsor di Banyuwas, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2016)Foto: Arbi Anugrah-detikcom
Banjir dan longsor di Banyuwas, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2016)


Selain Desa Sawangan Wetan, sejumlah lokasi yang kebanjiran yakni Perum Diamond Desa Kalibagor. Sedangkan jalan ambles sepanjang 100 meter terjadi di Desa Pageraji.

Di Desa Kalitapen, Kecamatan Purwojati juga terjadi tanah longsor. Kemudian jalan yang menghubungkan Desa Candinegara ke Desa Pasiramankidul dan Tumiyang Kecamatan Pekuncen juga mengalami longsor hingga memutus akses jalan.

 Banjir dan Longsor Landa di Beberapa Wilayah di BanyumasFoto: Arbi Anugrah
Banjir dan Longsor Landa di Beberapa Wilayah di Banyumas

(arb/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed