DetikNews
Sabtu 26 November 2016, 17:45 WIB

Laporan Dari Lisbon

Wakil Ketua DPR: Pasti TNI dan Polri Bisa Menjaga Situasi 2 Desember

Elza Astari Retaduari - detikNews
Wakil Ketua DPR: Pasti TNI dan Polri Bisa Menjaga Situasi 2 Desember Ilustrasi: Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berjas hitam (Foto: Lamhot Aritonang)
FOKUS BERITA: Awas, Demo Makar
Jakarta - Menyikapi munculnya kabar rencana demonstrasi 2 Desember, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta demo berjalan tertib. Dia juga menekankan perlunya sistem peringatan dini (early warning system) oleh TNI dan Polri dan pihak intelijen.

"Kita tentu menginginkan negara kita tetap dalam kondisi persatuan dan kesatuan NKRI yang seutuhnya," ungkap Taufik di sela-sela kunjungan Muhibah di Lisbon, Portugal, Jumat (25/10/2016).

Taufik menyatakan demonstrasi memang diperbolehkan oleh negara sebagai bagian dari demokrasi. Meski begitu setiap aksi demo harus dijalankan sesuai aturan.

"Prinsip kebebasan demokrasi ini sama-sama menghargai orang lain. Saling menghormati. Demonstrasi adalah bunga-bunga demokrasi tetapi jangan sampai menuju anarkisme (vandalisme -red). Di manapun anarkisme tidak boleh," tuturnya.

Para peserta aksi demo pun diminta Taufik untuk mengindahkan imbauan dari pihak keamanan. Termasuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang menyebut ada potensi makar pada aksi susulan demo 4 November di Jakarta itu.

"Semuanya bertujuan baik, tidak untuk membelenggu atau membredel hak warga. Tapi harus dalam koridor kondusif, tenteram, aman, dan damai," kata Taufik.

"Harapannya, setiap demo dan tidak hanya di Jakarta saja, untuk kerjasama yang baik. Silakan berdemonstrasi, secara tertib, prosedural, menaati undang-undang," sambung politisi PAN itu.

Mengenai informasi adanya potensi makar, Taufik meminta pihak kepolisian dan TNI untuk lebih mengetatkan keamanan. Deteksi dini harus disebutnya harus menjadi prioritas terutama dari pihak-pihak yang berusaha menunggangi aksi demo dengan kepentingan tertentu.

"Soal makar ada atau tidak itu tugas keamanan dan intelijen. Intelijen memberikan semacam proses yang terkait. Makar bukan hanya dari demo saja. Saat penyampaian izin itu lebih diperketat lagi terkait adanya informasi orang-orang yang tidak bertanggungjawab," ujar Taufik.

"Deteksi dini harus ada. Early warning system harus berjalan. Kami yakin Pak Kapolri dan Panglima TNI sudah memiliki," sambungnya.

Taufik pun yakin pihak keamanan akan mampu mengatasi berbagai kondisi yang ada. Itu sudah terbukti saat adanya kerusuhan pada Demo 4 November lalu.

"Kami berterimakasih kepada TNI dan Polri yang tentunya pasti akan memberi pengawalan untuk menjaga supaya tidak terjadi anarkisme," tutup Taufik.


(ear/dnu)
FOKUS BERITA: Awas, Demo Makar
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed