detikNews
Jumat 18 November 2016, 08:39 WIB

Bangkai Kapal Perang Inggris dan AS Juga Lenyap di Laut Jawa

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Bangkai Kapal Perang Inggris dan AS Juga Lenyap di Laut Jawa Foto: Royal Navy Official Photographer
Jakarta - Bukan hanya bangkai kapal perang Belanda yang hilang di Laut Jawa, bangkai kapal perang Inggris dan AS juga hilang. Pihak Inggris telah meminta pemerintah Indonesia menyelidiki masalah ini dengan serius.

Diberitakan oleh Dailymail.co.uk Jumat (18/11/2016), bangkai kapal-kapal perang Inggris, yaitu HMS Exeter, kapal perusak HMS Encounter, dan HMS Electra, juga ikut hilang bangkainya. Ketiganya karam setelah bertempur dengan pasukan Jepang pada bulan Maret 1942.

 Bangkai Kapal Perang Inggris dan AS Juga Lenyap di Laut JawaFoto: Royal Navy Official Photographer


"Kami telah menghubungi pihak berwenang di Indonesia untuk mengekspresikan perhatian serius kami dan meminta mereka untuk menyelidiki laporan dan mengambil tindakan yang tepat untuk melindungi situs dari gangguan yang lebih jauh," ujar seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Dia menambahkan, penodaan terhadap bangkai kapal perang menyebabkan penderitaan bagi orang-orang yang ditinggalkan dan merupakan pelanggaran hukum internasional.

Bahkan sebuah bangkai kapal selam Amerika Serikat (AS) juga hilang tak jelas rimbanya. Pemerintah Inggris mengutuk hilangnya bangkai kapal perang itu.

"Pemerintah Inggris mengecam gangguan tidak sah pada setiap kapal karam yang berisi sisa-sisa jasad manusia," tegas juru bicara Kementerian Pertahanan Pemerintah Inggris.

Sebelumnya, pemerintah Belanda mengungkapkan kesedihannya atas hilangnya tiga bangkai kapal perang miliknya di Laut Jawa.
Ketiga kapal perang Belanda itu adalah Hr.Ms. De Ruyter, Hr.Ms. Java, dan Hr.Ms. Kortenaer, yang tenggelam pada Pertempuran Laut Jawa 1942. Ketiganya tenggelam saat menghadang invasi Jepang ke Pulau Jawa.

 Bangkai Kapal Perang Inggris dan AS Juga Lenyap di Laut JawaFoto: Royal Navy Official Photographer


Menurut Kementerian Pertahanan Belanda, dua dari tiga bangkai kapal perang tersebut, yakni Hr.Ms. De Ruyter dan Hr.Ms. Java, hilang seluruhnya. Sedangkan kapal Hr.Ms. Kortenaer masih ada sisanya sebagian.
(tfq/nwk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com