DetikNews
Selasa 15 November 2016, 18:13 WIB

Menkominfo: Netizen Banyak yang Suarakan Damai Saat Ini

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Menkominfo: Netizen Banyak yang Suarakan Damai Saat Ini Foto: Bagus Prihantoro N/detikcom
FOKUS BERITA: #RITetaplahDamai
Jakarta - Menkominfo Rudiantara menyoroti gerakan sosial di dunia maya yang kini cenderung positif. Pembicaraan yang terjadi pasca-aksi 4 November 2016 lebih menyuarakan untuk damai.

"Iya (banyak yang suarakan untuk damai), ini kan juga dari mana-mana, paling banyak dari Twitter. Ini saya tiap hari beberapa kali saya cek sendiri kok," kata Rudiantara di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2016).

Menkominfo: Netizen Banyak yang Suarakan Damai Saat IniFoto: Bagus Prihantoro N/detikcom


Rudiantara menunjukkan komputer tablet miliknya yang menampilkan sebuah grafik. Terlihat tren penurunan pembicaraan di internet terkait aksi 4 November.

"Ini dari traffic-nya, tanggal 1 November ini sempat naik pada 4 November, ini sekarang turun lihat," ujar Rudiantara menjelaskan.

Di bawah grafik itu terdapat kata-kata. Rudiantara menyebut kata-kata yang tampil di situ merupakan topik yang banyak dibahas netizen di Indonesia belakangan ini.

Menkominfo: Netizen Banyak yang Suarakan Damai Saat IniFoto: Bagus Prihantoro N/detikcom


Ukuran huruf menunjukkan frekuensi kemunculan kata atau frasa tersebut di internet. Dua kata/frasa terbesar adalah 'damai' dan 'aktor politik'.

"Dari sisi konten juga lebih sejuk ya sekarang. Bisa dilihat di sini. Kontennya sudah berbeda saat ini, lihat saja saya enggak berbohong. Sebelumnya saya monitor banyak yang mungkin dianggap memprovokasi dan lain sebagainya tapi sekarang sudah seperti ini," tutur pria yang akrab disapa Chief RA itu.
(bag/erd)
FOKUS BERITA: #RITetaplahDamai
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed