DetikNews
Kamis 29 September 2016, 14:53 WIB

Akun BBM Wakil Ketua MPR dan Anggota DPR di-Hack, Polisi: Itu Modus Lama

Mei Amelia R - detikNews
Akun BBM Wakil Ketua MPR dan Anggota DPR di-Hack, Polisi: Itu Modus Lama Penipuan BBM/ Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Akun BlackBerry Messanger (BBM) Wakil Ketua MPR Mahyudin dan anggota DPR Daniel Johan diretas oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Polisi menyebut bahwa itu adalah modus lama.

"Itu modus lama. Kami sudah sering menerima aduan masyarakat dengan modus demikian," ujar Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Gomgom Pasaribu kepada detikcom, Kamis (29/9/2016).

Roberto mengatakan, modus tersebut dikenal dengan metode phising. Pelaku mengirimkan fake message atau fake link melalui email korban yang digunakan pada saat registrasi BBM.

"Ketika kita nge-klik link tersebut, maka data-data kita akan diserap, termasuk akun BBM," imbuh Roberto.

Sementara itu, Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Fadil Imran mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika mendapatkan link via email atau pun BBM atau media lainnya.

"Perhatikan betul alamat pengirim email, karena ada yang suka dimirip-miripkan dengan email asli suatu instansi, misalnya bank. Kalau dia meminta kita memasukkan password dan user ID, sebaiknya jangan dituruti," ujar Fadil.

Akun BBM milik Daniel Johan diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Modus pelaku adalah dengan mengirimkan link yang meminta korban memasukkan ID akun BBM beserta passwordnya. Setelah korban 'terperangkap' tipuan itu, maka akun BBM miliknya tidak bisa diakses lagi karena sudah dibajak oleh pelaku.

Pelaku kemudian menggunakan akun BBM Daniel itu untuk melakukan penipuan. Pelaku seolah-olah Daniel, meminjam uang ke sejumlah kontak yang ada di akun BBM Daniel.

Hal yang sama juga terjadi kepada Wakil Ketua MPR Mahyudin. Akun BBM-nya kemudian digunakan untuk penipuan. Ada yang meminjam uang dan ada pula yang menawarkan produk-produk palsu.

"BBM saya itu di-hack oleh orang tidak bertanggung jawab, jadi dipakai orang untuk menipu kemudian saya sudah lapor polisi, saya belum cek lagi sejauh mana prosesnya, " kata Wakil Ketua MPR Mahyudin kepada detikcom, Kamis (29/9/2016).
(mei/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed