detikNews
Selasa 20 September 2016, 21:03 WIB

Luhut: Komunikasi Saya dengan Bu Susi Baik, Masih Teleponan

Ray Jordan - detikNews
Luhut: Komunikasi Saya dengan Bu Susi Baik, Masih Teleponan Foto: Michael Agustinus
Jakarta - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menepis kabar miring soal hubungannya yang memanas dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Isu miring itu menyebut, keduanya ada perbedaan sikap soal reklamasi Jakarta dan kebijakan untuk nelayan. Namun, Luhut membantah kabar tersebut.

Luhut menegaskan hubungan dia dengan Susi berlangsung baik. "Komunikasi saya dengan Bu Susi masih baik kok. Saya masih teleponan," kata Luhut saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Panasnya hubungan kedua menteri ini ditambah dengan adanya pertemuan antara Luhut dengan para pengusaha perikanan dan nelayan di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jl MH Thamrin, Jakarta, pada Senin (19/9) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, para pengusaha meminta Luhut untuk merombak berbagai aturan yang dibuat selama Menteri Susi Pudjiastuti menjabat. Mereka mengaku keberatan pada beberapa kebijakan seperti larangan penggunaan alat tangkap cantrang dan larangan transhipment (alih muatan di tengah laut).

Selain itu, para pengusaha juga meminta agar sektor perikanan tangkap tidak ditutup rapat untuk asing. Luhut pun berjanji akan membicarakan masalah tersebut kepada Susi.

Luhut menjelaskan, maksud pertemuan itu agar dirinya yang masih beberapa bulan menjabat sebagai Menko Kemaritiman tahu persoalan yang terjadi di lapangan.

"Ya, kalau pakai istilah tentara, itu kan belanja masalah saja," kata Luhut.
(rjo/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com