DetikNews
Selasa 13 September 2016, 12:27 WIB

Waketum Demokrat: Kami Amati Elektabilitas Rizal Ramli yang Kalahkan Sandiaga

Elza Astari Retaduari - detikNews
Waketum Demokrat: Kami Amati Elektabilitas Rizal Ramli yang Kalahkan Sandiaga Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Partai Demokrat mengamati elektabilitas Rizal Ramli (RR) yang bakal diajukan Partai Amanat Nasional ke Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI 2017. Apalagi saat ini tingkat keterpilihan mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu sudah melewati Cagub Sandiaga Uno.

"RR kita amati. Pilgub DKI ini dinamis sekali, tiba-tiba survei RR mengalahkan Sandiaga Uno. 8 persen kalau nggak salah, Sandi 7 persen. PD sangat mempertimbangkan proses dinamisasi itu," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Syarief menyebut hingga saat ini PD belum mengambil sikap mengenai pasangan yang akan didukung karena masih menunggu keputusan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Majelis Tinggi (MT) PD.

"Finalisasi oleh MT Demokrat diketuai SBY, sah saja DKI memutuskan siapa. Demokrat DK itu (menyebut) Yusril yang bagus, itu masukan," ujar dia.

Dalam minggu ini, Syarief menyebut Demokrat akan mengambil keputusan terkait Pilgub DKI. Partai berlambang mercy itu masih terus melakukan komunikasi dengan partai lain.

"Kita komunikasi dengan PPP, PKB dan PAN saya pikir kita tetap komunikasi dengan PKS dan Gerindra kita jalan terus, siapa yang kita putuskan dalam minggu ini," jelas Syarief.

Mengenai Poros alternatif yang mengajukan Yusri Ihza Mahendra sebagai bakal calon gubernur, Demokrat juga belum pasti mendukung. Syarief mengatakan keputusan masih menunggu Surat Keputusan (SK), termasuk apabila fix mendukung Yusril.

"Masih menunggu SK. Ini masih dinamis belum memutuskan. Demokrat kita belum finalkan. SBY pulang hari ini lalu rapat maraton," ucap anggota Komisi I DPR itu.

Syarief juga menyiratkan Demokrat tidak akan mengusung Sandiaga Uno dan Mardani Ali Sera. Pasangan tersebut secara resmi telah diusung oleh Gerindra dan PKS.

"Mereka yang memutuskan antara PKS dan Gerindra, Demokrat tidak ikut di situ, Demokrat menginginkan yang diusung bersama-sama," tegas Syarief

Sebelumnya Ketua DPW PAN Eko Patrio mengungkap pihaknya mendukung Rizal Ramli untuk Pilgub DKI. DPW PAN DKI akan mendeklarasikan dukungan tersebut siang nanti.

"Kita melihat Rizal Ramli anak bangsa yang baik, yang mumpuni. Ngepret ayam sayur mah dia jago," terang Eko, Selasa (13/9).
(elz/erd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed