Wapres JK Izin Tak Hadiri Pelantikan Kepala BIN Budi Gunawan

Ferdinan - detikNews
Jumat, 09 Sep 2016 19:47 WIB
Foto: Novia Anggi/Setwapres RI
Foto: Novia Anggi/Setwapres RI
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak menghadiri pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru. Sebab jam pelantikan Budi Gunawan bersamaan dengan waktu kunjungan kerja JK ke Sidoarjo, Jawa Timur yang sudah terjadwalkan.

"Sebelumnya sudah ada penyampaian dari Istana (mengenai jadwal pelantikan Kepala BIN). Tetapi Pak JK izin karena harus kunker ke Sidoarjo membuka Haornas (Hari Olahraga Nasional), sehingga semua tugas negara bisa berjalan," ujar Juru Bicara Wapres Husain Abdullah saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (9/9/2016).

JK pada saat sesi tanya jawab mingguan dengan wartawan mengatakan, surat Keputusan Presiden (Keppres) atas pengangkatan Kepala BIN yang baru masih diproses. Karena itu JK sempat menyebut pelantikan Budi Gunawan belum ditentukan.

"Pak BG, sekarang memproses penerbitan Keppres untuk kepala BIN, dan pelantikannya tentu setelah itu, saya kira akan singkat lah minggu depan kira-kira. Menunggu waktu yang baik dari bapak presiden. Besok kan libur panjang 3 hari. Jadi saya kira setelah itu dengan waktu yang terbuka," ujarnya sekitar pukul 14.05 WIB, Jumat (9/9).

Namun perkembangan soal kepastian pelantikan Budi Gunawan terjadi dengan cepat. Husain menyebut surat penyampaian pelantikan Budi Gunawan baru sampai ke kantor Wapres sekitar pukul 14.00 WIB, saat jumpa pers bersama wartawan berlangsung.

Pelantikan Budi kemudian dilakukan di Istana Negara pada pukul 17.30 WIB. Sedangkan JK diketahui sudah berangkat melakukan kunjungan kerja ke Sidoarjo pada sekitar pukul 16.30 WIB dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jaktim.

Husain Abdullah mengatakan, JK dijadwalkan menghadiri peringatan ke-33 Hari Olah Raga Nasional (Haornas), di Kompleks Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Usai acara tersebut, JK diagendakan melanjutkan perjalanannya ke Sulawesi Selatan untuk menghadiri tiga acara pada besok, Sabtu (10/9).

Di Makassar, JK diagendakan melakukan pencangan penanaman bambu Nasional di desa Lanna, Kecamatan Parangloe dan menghadiri dua acara Dies Natalis ke 60 Universitas Hasanuddin Unhas dan Temu Alumni Nasional Universitas Hasanuddin. (fdn/bag)