DetikNews
Rabu 24 Agustus 2016, 17:04 WIB

Bangun Jalan Bersama Prajurit, Bupati Dedi Raih Penghargaan dari TNI AD

Tri Ispranoto - detikNews
Bangun Jalan Bersama Prajurit, Bupati Dedi Raih Penghargaan dari TNI AD Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menerima penghargaan KSAD Jenderal Mulyono, Rabu 24 Agustus 2016 Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Jakarta - Mabes TNI AD memberikan sejumlah penghargaan terhadap masyarakat dan pejabat yang turut mensukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Salah satu penghargaan yang diberikan adalah kategori kepala daerah yang dianggap mendukung penuh program tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD, Jenderal TNI Mulyono mengatakan, program TMMD adalah sebuah komitmen TNI AD untuk membangun bangsa dan negara dengan semangat gotong royong, persaudaraan, dan kesatuan.

"Ini adalah wujud bakti TNI untuk membantu pemerintah mengakselerasikan pembangunan daerah khususnya daerah tertinggal, terisolasi, hingga daerah kumuh dengan proses perencanaan yang mengedepankan aspirasi masyarakat," jelas Mulyono saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa ke 97 TA 2016 di Balai Samudera, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Pada tahun 2016 ini pihaknya bekerja sama Kementerian Perhubungan untuk melakukan berbagai upaya membangun Indonesia dengan memperkuat dari mulai desa sesuai dengan nawacita Presiden Jokowi.
Sementara itu Menteri Perhubungan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Komite Pertimbangan Kebijakan Publik di Sektor Transportasi, Laksamana (Purn) Marsetio menjelaskan, program TMMD tersebut sejalan dengan konsep pembangunan pedesaan sebagai cikal bakal perekonomian nasional.

"TMMD selaras dengan pembangunan Indonesia yang membangun dari pinggiran desa. Dan pembangunan erat hubungannya dengan transportasi. Untuk itu Kementerian Perhubungan sebagai fasilitator siap membangun sarana dan prasaran transportasi hingga pedesaan," katanya.

Dalam acara tersebut turut diberikan pula sejumlah penghargaan bagi kepala daerah yang dianggap komitmen dan selaras dengan program TMMD. Salah satunya adalah Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Foto: Tri Ispranoto/detikcom

Menurut Dedi, pihaknya merasa terbantu dengan program TMMD. Bukan hanya dari segi efisiensi waktu yang berkurang atau efisiensi keuangan yang mencapai 40%, namun juga hal tersebut membangkitkan semangat gotong royong antar pemerintah, aparat, dan masyarakat.

Di Kabupaten Purwakarta, para pasukan TNI banyak membantu dalam berbagai hal seperti pembangunan jalan Ciparungsari-Cisaat sepanjang 5KM, Kertasari-Sukajadi sepanjang 5KM, dan terakhir dan paling membanggakan adalah membantu masyarakat terisolir terkena imbas pembangunan selama berpuluh-puluh tahun akibat pembangunan Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata dengan membangun jalan Cikao Bandung-Sukamukti (Gunung Karung) sepanjang 57 KM.

"Bersama pemerintah, aparat, dan masyarakat kita berhasil membuka daerah terisolir dengan membangun jalan berkelas nasional dengan lebar 12 meter dan ketebalan 60 cm. Dalam hal ini pemerintah menyediakan bahan bangunan, sementara TNI dan warga menyumbang tenaga," ungkapnya.

Seperti diketahui program pembangunan jalan sepanjang 57 KM itu rencananya akan selesai pada akhir tahun ini. Jalan tersebut nantinya akan memberikan akses transportasi bagi warga terkena dampak pembangunan Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata yang terisolir selama kurang lebih 50 tahun.

Sebelumnya jalan tersebut akan dikerjakan oleh Pemprov Jabar, namun karena tak kunjung ada realisasi maka Pemkab Purwakarta mencicil pembuatan jalan tersebut sejak tahun 2013 silam. Rencananya pada peresmian jalan tersebut akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

Selain Bupati Purwakarta, dua bupati lain yakni Bupati Bungo (Jambi) dan Bupati Simalungun (Sumatera Utara) pun mendapat penghargaan serupa dari Mabes TNI AD yang diserahkan langsung oleh KSAD, Jenderal TNI Mulyono.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed