detikNews
Senin 01 Agustus 2016, 18:29 WIB

Menhub Budi Karya Panggil Lion Air Besok Pukul 10.00 WIB

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Menhub Budi Karya Panggil Lion Air Besok Pukul 10.00 WIB Foto: Ilustrasi oleh Bagus Setyo Nugroho
Jakarta - Besok Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memanggil pihak Lion Air. Pemanggilan tersebut terkait delay parah 5 rute penerbangan Lion Air di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (31/7).

"Rencananya besok Pak Menteri akan memanggil pihak Lion Air jam 10.00 WIB terkait delay berkepanjangan. Bahwa sudah ada notam salah satu hal penyebab delay atau yang tidak bisa dilanjutkan Lion penerbangannya ke Surabaya karena bandara Surabaya tutup jam 10.00 WIB karena overlay," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenhub Hemi Pamuraharjo di Gedung Cipta, Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/8/2016).

Selain itu, Hemi mengatakan bahwa Budi Karya juga telah meminta agar mulai hari ini Bandara Juanda melayani penerbangan hingga pukul 24.00 WIB.

"Jadi bandara di Surabaya bisa didarati sampai jam 24.00 WIB. Yang kemarin kan jam 22.00 WIB. Oleh Pak Menteri diperpanjang pekerjaannya mulai jam 24.00 WIB," lanjutnya.

Hemi juga menjelaskan sanski terhadap Lion Air hingga saat ini masih berlaku. Hal itu terkait dengan tidak bolehnya Lion Air menambah rute.

"Terkait dengan sanksi yang 6 bulan kemarin masih dari Bapak Dirjen Hubud masih berlaku. Yang Lion tidak boleh menambah rute," ucap Hemi.

Kejadian delay parah ini sudah berulang kali terjadi pada maskapai Lion Air. Dalam keterangan tertulisnya, Dirut Lion Air Edward Sirait mengatakan penyebab delay pada Minggu (31/7) adalah masalah operasional yang berdampak pada pergantian crew.
(yds/mnb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com