detikNews
Selasa 14 Juni 2016, 19:10 WIB

Terbukti Mencabuli, Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara

Mauludi Rismoyo - detikNews
Terbukti Mencabuli, Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara Foto: Palevi S/detikHOT
Jakarta - Artis Saipul Jamil dinyatakan bersalah terkait kasus pencabulan yang menjeratnya. Dia dihukum tiga tahun penjara oleh majelis hakim.

Vonis tersebut dijatuhkan majelis Hakim Ketua Ifa Sudewi yang menyatakan Ipul melanggar Pasal 292 KUHP. Vonis itu lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan JPU yang menuntut tujuh tahun penjara.

"Menyatakan kesatu, terdakwa Saipul Jamil bersalah melakukan perbuatan cabul terhadap anak yang belum dewasa dengan jenis kelamin yang sama. Kedua, menjatuhkan pidana dengan pidana penjara tiga tahun. Masa tahanan selama ini akan dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan. Terdakwa akan tetap ditahan," ucap Ifa Sudewi, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (14/6/2016).

Setelah vonis itu, Jaksa masih pikir-pikir untuk mengajukan banding. Begitu juga dengan pihak Ipul. "Baik berarti dari Jaksa masih pikir-pikir untuk vonis ini. Begitu pun juga dengan pihak terdakwa (Ipul) ya. Berarti vonis ini belum berkekuatan hukum tetap," jelas Ifa.

Ipul sebelumnya didakwa telah melakukan pelecehan saat remaja pria yang juga bekerja sebagai asistennya menginap di rumahnya di kawasan Kelapa Gading. Kejadian tersebut terjadi pada 18 Februari lalu yang ditangani Polsek Kelapa Gading.


(mau/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com