DetikNews
Jumat 27 Mei 2016, 17:31 WIB

Ini Cara Membedakan Petugas dan Calo Tiket di Terminal Kampung Rambutan

Nugroho Tri Laksono - detikNews
Ini Cara Membedakan Petugas dan Calo Tiket di Terminal Kampung Rambutan Foto: Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan (Nugroho Tri Laksono/detikcom)
Jakarta - Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Jakarta Timur, sudah mulai mempersiapkan sejumlah skema untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2016. Salah satunya, yakni antisipasi maraknya calo penawar tiket di terminal bus tersebut.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Emiral August mengatakan masyarakat kini sangat mudah membedakan antara petugas jasa penawar tiket resmi dengan calo. Pihaknya sudah membuat aturan kepada seluruh perusahaan bus (PO) bus agar seluruh karyawan atau petugasnya mengenakan seragam saat berada di terminal.

Foto: Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan (Nugroho Tri Laksono/detikcom)

"Karyawan resmi menggunakan seragam dan kartu identitas resmi, kalau calo itu tidak memakai seragam. Kalo ada karyawan yang enggak pakai seragam bakal kami usir," ujar Emiral kepada detikcom, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (27/5/2016).

Dia melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan langkah tegas jika perusahaan bus nekat menggunakan calo dalam mencari penumpang.

Foto: Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan (Nugroho Tri Laksono/detikcom)

"Kalau pakai calo PO Bus akan kami tindak dengan penurunan plang tiket. Terus mobilnya tidak boleh beroperasi di terminal ini selama seminggu. Sementara perusahaannya membuat surat perjanjian agar tidak menggunakan karyawan yang sudah menggunakan calo," katanya.

Sanksi tegas itu, lanjut Emiral, merupakan langkah efektif dalam melindungi masyarakat saat arus mudik Lebaran. "Biar para calo itu jera. Kami hanya berikan kenyamanan untuk masyarakat," tegasnya.
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed