DetikNews
Selasa 24 Mei 2016, 14:30 WIB

Kapolri: Siapapun Boleh Pakai Baju Turn Back Crime, Sekalipun Ada Tulisan Polisi

Mei Amelia R - detikNews
Kapolri: Siapapun Boleh Pakai Baju Turn Back Crime, Sekalipun Ada Tulisan Polisi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan bahwa kaos Turn Back Crime bukan seragam polisi. Turn Back Crime adalah motto Interpol, yang bertujuan agar masyarakat waspada akan kejahatan.

"Begini saya sampaikan, Turn Back Crime itu bukan uniform polisi, bukan juga uniform Interpol. TBC itu hanya motto dari Interpol. Boleh siapa saja pakai itu, boleh tak ada larangan, sekalipun belakangnya tulisan polisi boleh nggak apa-apa," jelas Badrodin di Polda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Selama ini memang beredar informasi bahwa kaos Turn Back Crime yang ada tulisan polisi khusus untuk kepolisian, sedangkan yang untuk masyarakat biasa bertuliskan police.

Badrodin menjelaskan, tidak ada edaran agar menangkap mereka yang memakai kaos Turn Back Crime. Badrodin juga menyampaikan, Turn Back Crime bukan seragam reserse.

"Kalau reserse itu nggak ada, harus dilihat seragamnya. Serse itu bagaimana bisa berseragam. Kalau sidak polisi bisa ditanya ada surat tugasnya, kalau dia mau melakukan penangkapan tak ada surat tugasnya ya lihat namanya," imbuh dia.
(mei/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed