DetikNews
Senin 04 April 2016, 23:47 WIB

Pasukan TNI Tetap Terbang ke Sudan Meski Sempat Delay Akibat Insiden di Halim

Kartika Sari Tarigan - detikNews
Pasukan TNI Tetap Terbang ke Sudan Meski Sempat Delay Akibat Insiden di Halim Pasukan perdamaian TNI bersiap berangkat di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom)
Jakarta - Penerbangan pesawat yang akan membawa 200 prajurit TNI ke Sudan sempat tertunda akibat insiden Pesawat Batik Air vs pesawat TransNusa. Prajurit yang membawa misi perdamaian itu pun akhirnya tetap akan diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Batalyon Komposit (Satgas Yon Komposit) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXV-B/Unamid (United Nations Mission In Darfur) tersebut seharusnya berangkat pukul 22.00 WIB, Kamis (4/4/2016). Mereka awalnya terancam batal berangkat ke Darfur, Sudan, Afrika Utara.

Ilustrasi Kecelakaan pesawat Batik Air dan Pesawat NusaAir

"Seharusnya tadi berangkat jam 22.00 WIB tapi karena kecelakaan ini sempat terancam batal, tapi ini tetap berangkat katanya nanti jam 24.00 WIB," ujar seorang prajurit yang enggan disebutkan namanya di Terminal Keberangkatan Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (4/4).

Pantauan di lokasi, 200 prajurit tersebut sudah berada dalam barisan tidak jauh dari pintu keberangkatan Bandara Halim. Seorang pemimpin regu tampak memberikan arahan kepada para prajurit yang kompak mengenakan baju loreng gurun dan baret biru khas seragam prajurit misi perdamaian.

Pasukan perdamaian TNI bersiap berangkat di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Kartika Sari Tarigan/detikcom)

Sekitar pukul 22.45 WIB, satu persatu prajurit tampak memasuki security check untuk bersiap berangkat. Mereka tampak rapi berbaris dan bergantian masuk ke dalam lobi keberangkatan. Berdasarkan informasi, pasukan perdamaian TNI itu akan diterbangkan dengan pesawat Ethiopian Airlines, fasilitas dari PBB.

Sebelumnya, sebuah Pesawat Batik Air mengalami kecelakaan di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma saat hendak take off sekitar pukul 19.55 WIB tadi. Pesawat tujuan Makassar tersebut bertabrakan dengan Pesawat NusaAir yang tengah diderek di runway.
(elz/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed