DetikNews
Sabtu 26 Maret 2016, 14:10 WIB

Tragedi di Jogja Airshow: Tahun 2015 Pesawat Jatuh, Tahun ini Penerjun Jatuh

Ahmad Toriq - detikNews
Tragedi di Jogja Airshow: Tahun 2015 Pesawat Jatuh, Tahun ini Penerjun Jatuh Pesawat yang dipamerkan di Jogja Airshow 2016. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Jakarta - Tragedi kembali terjadi di acara Jogja Airshow. Tahun 2015 lalu, ada pesawat jatuh dalam acara tersebut. 2 Prajurit AU meninggal. Tahun ini seorang penerjun jatuh ke laut dan meninggal.

Jogja Airshow 2015 digelar bulan Desember lalu. Pesawat yang jatuh adalah T-50i Golden Eagle yang diawaki almarhum Kapten Dwi Cahyadi dan almarhum Letkol Marda Sarjono.

Pesawat T-50i nahas buatan Korea Selatan itu jatuh pada Minggu (20/12) pukul 09.53 WIB pada saat melakukan aerobatic di ajang Gebyar Dirgantara. Pesawat jatuh di sekitar Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta. Setelah tragedi tersebut, kegiatan Jogja Airshow 2015 langsung dihentikan.

Hari ini, tragedi menghampiri Jogja Airshow 2016. Seorang penerjun wanita, Wica Milanti Ayuningtyas (24) meninggal setelah jatuh ke laut selatan saat beraksi di Jogja Air Show 2016. Wica merupakan atlet Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Ketua pelaksana JAS 2016, Moris tS menjelaskan Wica terjatuh karena tertiup angin. Seharusnya dia mendarat di pantai, tapi karena tertiup angin, malah jatuh ke laut.

"Dia terjun bersama 10 orang lainnya. Terbawa angin ke laut. Dia sudah sesuai prosedur, tapi karena di laut tergulung ombak. Dia pingsan dan langsung dibawa SAR ke rumah sakit," kata Moris di pantai Depok, Bantul.

Dua tragedi dalam dua pelaksanaan Jogja Airshow 2016 ini tentu harus jadi evaluasi bagi panitia. Jangan sampai ada tragedi lagi dalam pelaksanaan Jogja Airshow selanjutnya.


(tor/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed