DetikNews
Minggu 06 Maret 2016, 17:17 WIB

KTT LB OKI

Pertemuan Tingkat Menteri KTT LB OKI Hasilkan Resolusi dan Deklarasi Jakarta

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Pertemuan Tingkat Menteri KTT LB OKI Hasilkan Resolusi dan Deklarasi Jakarta Foto: Ayunda Savitri/detikcom
Jakarta - Rangkaian KTT LB OKI ke-5 yang diawali pertemuan tingkat menteri telah selesai digelar. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengungkapkan dari pertemuan tersebut dihasilkan dua dokumen untuk diajukan dalam KTT pada Senin (7/3) esok.

"Dihasilkan dua dokumen, resolusi dan Deklarasi Jakarta. Resolusi isinya (mencakup) prinsip-prinsip dasar dan political call. Kedua, deklarasi KTT yang berisi hal-hal konkret," ujar Retno usai memimpin pertemuan antar menteri di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

"Besok saya laporkan kepada summit mengenai hasil pertemuan tingkat menteri hari ini," imbuhnya.

Dokumen tersebut didapat dari berbagai masukan dalam Senior Official Meeting (SOM). Dari isi resolusi dan Deklarasi Jakarta yang sudah disetujui tadi terlihat jelas solidaritas yang kuat antar negara OKI dalam mendorong kemerdekaan Palestina.

"Yang bisa saya sampaikan dari isi draf terlihat jelas solidaritas dari OKI untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Kalau ada masukan lebih kepada upaya masukan untuk 2 dokumen tersebut," terang mantan Dubes Indonesia untuk Belanda ini.

Dari data yang diperoleh, pertemuan tingkat menteri hari ini dihadiri oleh 605 delegasi dari 57 negara dan di-cover 500 wartawan. KTT LB OKI ke-5 sendiri akan dibuka secara resmi pada pukul 08.30 WIB, Senin (7/3) esok.

Rencananya, konferensi esok dibuka oleh Perdana Menteri Mesir selaku Ketua KTT OKI ke-12. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Joko Widodo dan Sekjen OKI.

Berdasarkan agenda sementara, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Mahmoud Abbas dan Pangeran Yordania Prince El Hassan Bin Talal. Kemudian di malam harinya, presiden akan menjamu para delegasi yang hadir di KTT LB OKI ke-5.


(aws/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed