DetikNews
Kamis 25 Februari 2016, 17:38 WIB

JK Minta DPRD Kota se-Indonesia Buat Perda Kebersihan

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
JK Minta DPRD Kota se-Indonesia Buat Perda Kebersihan Foto: Setwapres
Lombok - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh DPRD Kota se-Indonesia untuk membuat peraturan daerah (Perda) soal kebersihan. JK juga meminta izin pembuatan lapangan hijau untuk kegiatan masyarakat diperbanyak.

"DPRD harus bikin aturan, setiap orang harus bersihkan depan rumahnya, termasuk selokan. Sehingga tidak timbulkan banjir," ujar JK dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (25/2/2016).

Dengan perda kebersihan yang keluarkan oleh DPRD, maka pemerintah daerah dapat mengatur setiap orang untuk bertanggungjawab soal kebersihan.

"Kalau di luar negeri ada salju orang yang jatuh di depan rumahnya maka yang tanggung rumah sakit adalah yang punya rumah karena tidak bersih. Itu hal-hal yang harus dilihat secara rinci, itu tugas Anda," terangnya.

JK juga mengatakan pola pikir keberhasilan rumah sakit dapat diukur dengan banyaknya jumlah pasien harus segera diubah. Makin banyak pasien, berarti suatu kota memiliki banyak penyakit dan tidak sehat.

"Kota itu kotor, banyak demam berdarah, air tergenang. Kota yang baik, ada rumah sakit tapi isinya setengah, nah itu kota yang baik kerena orangnya sehat," ucapnya.

Selain itu, JK meminta kepada anggota DPRD untuk dapat memperbanyak izin pembangunan lapangan hijau di kota. Lahan kosong tidak harus diubah menjadi mal dan bangunan lainnya.

Keberadaan lapangan hijau menurut JK akan membantu masyarakat untuk dapat berolahraga dan memiliki arena bermain bagi anak-anak.

"Ada lahan sedikit dibikin mal, DPRD kasih izin juga. Besok lagi tolak. Kota yang baik kalau rumahnya bersusun, bisa 4 susun tak usah ada lift, supaya ada lahan hijau supaya tidak macet. Nah itu kenapa antara lain suapaya rumah tercapai," terangnya.
(fiq/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed