DetikNews
Selasa 23 Februari 2016, 17:48 WIB

UGM Loloskan 285 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Dikti Terbanyak

Bagus Kurniawan - detikNews
UGM Loloskan 285 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Dikti Terbanyak Foto: Bagus Kurniawan/detikom
Sleman - Sebanyak 285 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mendapatkan dana hibah PKM dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Jumlah tersebut merupakan yang paling banyak dibandingkan dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Proposal tersebut akan diseleksi dan diikutkan dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2016. PIMNAS ke-29 tahun ini akan berlangsung di Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Proposal PKM ini jumlah yang paling banyak dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya yang didanai Dikti," ungkap Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan kepada wartawan di Kantor Pusat UGM di Bulaksumur, Selasa (23/2/2016).

Menurut Agus, pada tahun ini UGM mengajukan sebanyak 1.209 proposal PKM. Namun dari jumlah tersebut baru 285 proposal yang lolos memperoleh dana hibah penelitian.

Sebanyak 285 proposal PKM UGM itu mencakup lima bidang yaitu 50 PKM Kewirausahaan, 154 PKM Penelitian, 12 PKM Teknologi, 45 PKM Karsa Cipta, dan 24 PKM Pengabdian Masyarakat.

Dia mengatakan urutan kedua adalah ITS dengan 271 PKM, Universitas Brawijaya Malang dengan 264 PKM, Universitas Diponegoro dengan 229 PKM, dan IPB dengan 205 PKM. Pada tahun ini ada sekitar 4.700 proposal dari berbagai perguruan tinggi Indonesia yang lolos mendapatkan dana hibah penelitian PKM Dikti.

Agus menambahkan pada tahun 2016 Dirjen Dikti memberikan dana hibah PKM rata-rata Rp 7,5 juta untuk setiap proposal. Dari jumlah 285 yang lolos itu, UGM menerima dana penelitian PKM sekitar Rp. 2 Miliar.

Seluruh proposal yang mendapatkan dana Dikti, lanjut Agus, akan melalui proses  monitoring dan evaluasi (monev). Selanjutnya poposal yang berhasil lolos dari penilaian reviewer Dikti berhak maju ke PIMNAS di IPB mendatang.

Sementara itu secara terpisah  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meloloskan sebanyak 72 proposal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa). Ini menjadikan UMY sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang paling meloloskan proposal PKM dibandingkan PTS lainnya.
(bgs/trw)
ugm
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed