detikNews
2016/02/14 20:34:41 WIB

Pakar BPPT: Waspada Banjir di Jakarta-Depok-Bogor untuk Sepekan ke Depan

Nograhany Widhi K - detikNews
Halaman 1 dari 1
Pakar BPPT: Waspada Banjir di Jakarta-Depok-Bogor untuk Sepekan ke Depan Banjir di kawasan Mampang Prapatan (Foto: Humas Polsek Mampang Prapatan)
Jakarta - Potensi hujan di kawasan Jakarta, Depok dan Bogor naik sepekan ke depan. Warga diimbau waspada banjir.

"Berdasarkan prediksi, potensi hujan ini akan meningkat minimal dalam seminggu ke depan. Dan yang paling perlu diwaspadai adalah potensi hujan yang terjadi pada tanggal 16 dan 17 Februari 2016, di mana wilayah Bogor, Depok dan Jakarta diprediksi akan terjadi hujan lebat," jelas Kepala Bidang Pelayanan Teknologi, Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Sutrisno.

Berikut adalah grafik analisa prediksi curah hujan di kawasan Jakarta, Depok dan Bogor selama 10 hari ke depan:

Prediksi curah hujan di Jakarta 10 hari ke depan (dok BPPT)


Prediksi curah hujan di Depok 10 hari ke depan (dok BPPT)


Prediksi curah hujan di Bogor 10 hari ke depan (dok BPPT)


Dalam email yang diterima detikcom, Minggu (14/2/2016) ini, Sutrisno memaparkan bahwa hujan lebat pada 16-17 Februari 2016, berpotensi menimbulkan banjir selama sepekan ke depan.

"Melihat masih tingginya potensi curah hujan di Jabodetabek, minimal dalam seminggu ke depan masyarakat diimbau untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian banjir untuk mengurangi dampak yang mungkin terjadi," imbuhnya.

Dengan adanya hujan lebat hari ini, imbuh dia, hampir bisa dipastikan akan terjadi banyak genangan-genangan yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas, bahkan dimungkinkan akan terjadi luapan-luapan sungai yang tidak mampu menampung aliran yang datang dari wilayah hulu.

"Apalagi ditambah di wilayah hilir pun pada waktu yang bersamaan juga terjadi hujan lebat," tuturnya.

Analisa prediksi hujan lebat dan banjir yang dipaparkan Sutrisno dari BPPT ini memperkuat keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi hujan lebat masih akan mengguyur Jakarta dan sekitarnya hingga Rabu (17/2/2016).

"Dari perkembangan kondisi dinamika atmosfer menunjukkan adanya indikasi potensi kejadian hujan lebat dalam beberapa hari ke depan, terutama di wilayah Jabodetabek," Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Hary Tirto Djatmiko, Minggu (14/2/2016).

BMKG mengimbau instansi pemerintah dan masyarakat siaga menghadapi hujan deras yang diperkirakan akan dimulai pada Senin sore (15/2/2016). Prakiraan BMKG, hujan akan makin lebat pada Selasa dini hari (16/2/2016).

Hary mengatakan, mulai hari ini di wilayah selatan Jakarta intensitas hujan cenderung meningkat. Curah hujan, kata dia, juga diprediksi akan semakin tinggi.

BMKG juga meramalkan seminggu ke depan berpotensi terjadi cuaca ekstrim di beberapa wilayah Indonesia. Selain Jabodetabek, hujan lebat juga akan mengguyur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, dan Lampung.
(nwk/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com