DetikNews
Jumat 12 Februari 2016, 13:30 WIB

20 Ormas Teken Kesepakatan dengan Kemhan, Siap Ikut Program Bela Negara

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
20 Ormas Teken Kesepakatan dengan Kemhan, Siap Ikut Program Bela Negara Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemhan) melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pembinaan kesadaran Bela Negara. Untuk itu Kemhan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan 20 organisasi kemasyarakatan.

"Kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembinaan kesadaraan tentang bela negara," kata Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan Timbul Siahaan dengan pimpinan 20 ormas di Ruang Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (12/2/2016).

Hakikat bela negara menurut undang-undang adalah pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara untuk membentuk kekuatan pertahanan negara. Hal itu demi menegakkan kedaulatan negara.

"Sedangkan pembinaan kesadaran Bela Negara dimaksudkan untuk membangun karakter bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme serta ketahanan nasional," lanjutnya.

Menhan Ryamizard Ryacudu juga menjelaskan dengan kesepakatan ini diharapkan 100 juta rakyat Indonesia tergerak untuk ikut Bela Negara. Dan menurutnya penandatanganan ini merupakan kesadaran dari ormas itu sendiri.

"Tujuan dan kesepakatan Bela Negara ini kita sepakat dulu. Kita akan membuat 100 juta rakyat Indonesia Bela Negara. Jumlah ormas banyak sekali. Jadi saya diantar bola bukan menjemput bola. Begitu banyak yang mau bela negara. Betapa efektifnya Bela Negara ini," ucap Ryamizard Ryacudu.

Hadir dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kementerian Pertahanan dengan Organisasi Kemasyarakatan Dalam Kesadaran Bela Negara antara lain Dharma Wanita Persatuan, Komite Nasional Pemuda Indonesia, BP Silaturahmi Nasional Raja-Sultan Nusantara Indonesia. Ada pula Senkom Mitra Polri, Laskar Merah Putih, Ikatan Kebangsaan dan Bela Negara RI, Lembaga Indonesia Cerdas, Barisan Patriot Bela Negara, Bandung Karate Club, Garda Tipikor, Silat Sunda Institute.
(dra/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed