DetikNews
Rabu 20 Januari 2016, 09:49 WIB

Nazir Foead Resmi Dilantik Jokowi Jadi Kepala Badan Restorasi Gambut

Ray Jordan - detikNews
Nazir Foead Resmi Dilantik Jokowi Jadi Kepala Badan Restorasi Gambut Foto: Ray Jordan
Jakarta - Presiden Jokowi membentuk Badan Restorasi Gambut (BRG). Aktivis lingkungan bernama Nazir Foead didaulat menjadi Kepala BRG.

Nazir Foead resmi dilantik menjadi Kepala BRG hari ini oleh Presiden Jokowi. Acara pelantikan dilaksanakan di ruang utama Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2016). Nazir dilantik dengan Keputusan Presiden RI No 3 M Tahun 2016 Tentang Pengangkatan Kepala Badan Restorasi Gambut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam acara ini. Sejumlah menteri Kabinet Kerja juga hadir, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menpan RB Yuddy Chrisnandi, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Ade Komarudin juga hadir dalam acara pelantikan ini.

BRG sendiri telah resmi dibentuk oleh Presiden Jokowi pada 6 Januari 2016. Pembentukan badan ini dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang berdampak pada kabut asap di tahun 2015 terulang lagi.

"Tahun kemarin tahun 2015 terjadi kebakaran lahan dan hutan di beberapa provinsi. Oleh karena itu pada hari ini saya ingin menyampaikan telah terbentuknya Badan Restorasi Gambut melalui Perpres yang sudah saya tandatangani 6 Januari lalu," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/1).

Nazir pernah aktif di organisasi lingkungan internasional yakni WWF. Jokowi pun menilai Nazir berkompeten untuk mengepalai BRG.

"Saya memandang Nazir Foead memiliki kompetensi, pengalaman dalam melakukan restorasi hutan dan gambut. Terutama kemampuan untuk koordinasikan dengan kementerian, lembaga dan jejaring lembaga internasional," tutur Jokowi.
(jor/Hbb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed