DetikNews
Jumat 08 Januari 2016, 18:18 WIB

Ridwan Kamil Dukung Rencana Kebijakan Cuti Pejabat Negara Sama dengan PNS

Avitia Nurmatari - detikNews
Ridwan Kamil Dukung Rencana Kebijakan Cuti Pejabat Negara Sama dengan PNS Foto: Grandyos Zafna
Bandung - Presiden Jokowi meminta MenPANRB untuk mengkaji aturan cuti pejabat negara. Soal ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendukungnya. Ia berharap cuti pejabat negara sama dengan PNS.

Pria yang akrab disapa Emil itu berpendapat, selama ini aturan cuti kepala daerah tidak adil.

"Peraturan cuti kepala daerah itu hanya dua. Cuti ibadah dan Cuti kampanye. Kampanye kan cuma 5 tahun sekali. Terus masa saya harus selalu Umroh, kan tidak juga," ujarnya di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (8/1/2016).

Menurut Emil, sebagai manusia biasa, seorang kepala daerah juga butuh memiliki waktu luang bersama keluarga dan beristirahat. Apalagi setiap hari libur ia juga tetap siaga untuk memantau Kota Bandung.

"Saya sebagai wali kota enggak punya buat anak-anak. Pengen liburan ke Pangandaran enggak bisa. Kecuali nyuri-nyuri waktu di sela dinas. Tapi kan enggak manusiawi," ungkapnya.

Mewakili salah satu pejabat daerah, Emil berharap pemerintah pusat juga bisa mengkaji ulang aturan cuti.

"Saya mengimbau, tolong manusiawi kepada kami yang sedang membela NKRI ini. Berilah waktu cuti yang wajar, minimal sama seperti PNS, yang penting ada waktu untuk beristirahat," tandasnya.

MenpanRB Yuddy Chrisnandi menyatakan selama ini banyak pejabat negara mencuri waktu untuk liburan. Karena itu daripada mencuri-curi Yuddi berpendapat lebih baik cuti pejabat negara dilegalkan.

Yuddy mencontohkan bagaimana di Amerika Serikat seorang Presiden saja bisa mengambil cuti, hal itu dianggap lumrah dan diterima publik di AS.

"Karena cuti itu penting untuk memberikan sebuah suasana baru bagi pejabat negara agar dia lebih fresh pada saat mengambil keputusan-kepitusan di masa selanjutnya," kata Yuddi di Istana Negara, Rabu (6/1/2016) lalu.
(avn/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed