DetikNews
Jumat 08 Januari 2016, 18:04 WIB

Dosen di Banyumas yang Diduga Pergi ke Suriah Tidak Mengajar Sejak 2014

Arbi Anugrah - detikNews
Dosen di Banyumas yang Diduga Pergi ke Suriah Tidak Mengajar Sejak 2014 Ilustrasi (Foto: Grandyos Zafna)
Purbalingga - Seorang PNS di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Iskandar Sobrie (35) diduga hilang sejak beberapa tahun lalu. Tak lama setelah itu, istri dan keluarganya ikut menyusul. Sebelum hilang, Sobrie berprofesi sebagai dosen Farmasi Unsoed dan pergi ke Suriah sekitar bulan Juli tahun 2014 lalu.

"Iskandar Sobrie memang pernah tercatat sebagai dosen di Jurusan Farmasi. Sejak Juli 2014 sudah tidak lagi mengajar tanpa alasan yang jelas," kata Ketua Jurusan Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan, Dhadang Wahyu Kurniawan, kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat (8/1/2016).

Dia menjelaskan, terakhir kali Sobrie mengajar pada 20 Juni 2014. "Kami mengajukan penghentian dengan tidak hormat karena tidak mengajar tanpa keterangan yang jelas. Dan kami mengajukannya kepada kampus sesuai dengan PP 53 tentang pegawai negeri sipil," jelasnya.

Dia mengakui, memang tidak pernah mengetahui kabar Sobrie. Tapi, memang ada selentingan mantan pengajar di jurusan farmasi Unsoed tersebut pergi ke luar negeri.

Dalam kehidupan sehari-hari di kampus, Sobrie termasuk orang yang tidak suka berbicara terlalu banyak. Sejak awal pendirian jurusan Farmasi, Sobrie sudah menjadi pengajar.

"Pak Sobrie bicaranya seperlunya, memang bawaan orangnya seperti itu, efektif dalam berbicara. Dia termasuk dosen muda di tempat kami," katanya.

Saat detikcom mengunjungi kediaman Iskandar Sobrie di sekitar pasar Padamara, Purbalingga yang juga digunakan sebagai lokasi usaha apotik, hanya dapat ditemui oleh karyawannya. Karyawan apotik yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut hanya mengatakan Sobrie tengah berada di luar negeri bersama keluarga.

"Bapak lagi di luar negeri, ibu sama anaknya juga menyusul. Yang di sini hanya ada embah (kakek), tapi nanti datangnya sore," katanya.

Dia tidak mengetahui persis kapan Sobri pergi. Yang dia tahu hanya pergi ke luar negeri, tak lama istri dan anak-anaknya menyusul. Saat ini apotik yang berada di jalan raya Padamara dikelola oleh mertua Sobri bersama empat karyawannya.
(arb/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed