DetikNews
Kamis 31 Desember 2015, 17:13 WIB

Soal Curhat Kartini Terkait Lion Air, Menhub Jonan: Pesawat Tak Boleh Operasi

Dana Aditiasari - detikNews
Soal Curhat Kartini Terkait Lion Air, Menhub Jonan: Pesawat Tak Boleh Operasi Foto: Imam Wahyudiyanta/detikcom
Jakarta - Curhatan Kartini Kongsyahyu di laman Facebook menjadi pembicaraan yang ramai bukan hanya di laman media sosial tapi juga di kalangan penerbangan.

Hal tersebut bahkan mendapat perhatian serius dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

"Waktu kejadian saya ada di Bandara tempat kejadian. Saya langsung perintahkan pesawat itu nggak boleh operasi lagi, langsung saya suruh ganti pesawat yang lain," ujar Jonan saat berbincang dengan detikFinance, di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat, Kamis (31/12/2015).

Tindakannya tak berhenti sampai di situ. Jonan pun mengaku saat ini timnya sedang melakukan pemeriksaan detil terkait kejaidan tersebut.

"Kami panggil kru pesawat yang bertugas waktu itu. Kami juga periksa pesawatnya. Kalau terbukti ada pelanggaran tentu ada sanksi yang sesuai. Apakah itu di tingkat kru-nya atau bahkan ke manajemen maskapainya," sebut Jonan.

Penerbangan yang menjadi persoalan ini adalah penerbangan yang dikelola maskapai Lion Air dengan penerbangan bernomor JT0926B dari Denpasar menuju Makassar berjadwal 21.00 WITA 27 Desember 2015. (Baca juga: Curhat Penumpang Lion Air di Facebook: Delay dan Pintu Tak Menutup Rapat).

Biang masalah yang menjadi keluhan Kartini dan dituangkan dalam akun Facebook-nya menyoal rendahnya pelayanan yang diberikan maskapai ini yang mengalami keterlambatan penerbangan dari jadwal semula pukul 21.00 WITA namun baru berangkat pukul 24.00 WITA.

Tak berhenti sampai di situ, masalah lain yang lebih penting karena membahayakan nyawa penumpang juga dituangkan Kartika dalam akun Facebook-nya. Masalah tersebut terkait pintu kabin pesawat bagian depan yang tidak tertutup dengan sempurna sehingga menyebabkan getaran hebat dan berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan.


(dna/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed