DetikNews
Kamis 15 Oktober 2015, 16:58 WIB

Banyak Kursi Kosong di Rapat, Pimpinan Komisi III: Anggota Banyak Agenda

Danu Damarjati - detikNews
Banyak Kursi Kosong di Rapat, Pimpinan Komisi III: Anggota Banyak Agenda Foto: Danu Damarjati
Jakarta - Saat proses uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR berlangsung, banyak kursi kosong anggota dewan yang tak ditempati. Padahal tunjangan DPR sudah naik.

Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman mengatakan bahwa banyak agenda yang mengharuskan anggota komisi bidang hukum dan keamanan itu tak ikut di ruang rapat.

"Ada tugas-tugas lain. Ada yang di Baleg (Badan Legislasi), Banggar (Badan Anggaran), ada yang di Pansus. Pada saat yang bersamaan," kata Benny di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Menurutnya, agenda-agenda yang bentrok itulah yang menyebabkan ruang rapat Komisi III menjadi sepi. Ini dipandang sebagai hal yang harus dihadapi.

"Itulah risiko sidang begini, pada saat bersamaan," kata Benny.

Menurut dia Komisi III tak terhalangi kerjanya hanya gara-gara ruang rapat tak dipenuhi anggotanya. Asalkan, ada perwakilan tiap fraksi di ruangan, maka agenda bisa dijalankan.

"Nggak menghambat. Yang penting, ada wakil dari setiap fraksi," kata Benny.

Benny semula memimpin fit and propertest calon anggota KY. Namun selanjutnya, rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan.

Tetap, banyak kursi-kursi kosong saat fit and propertest calon anggota KY giliran kedua, Sukma Violetta. Ada empat orang calon yang menjalani proses hari ini adalah Maradaman Harahap, Sukma Violetta, Sumartoyo, dan Wiwiek Awiati.

Untuk fit and propertest Sukma Violetta, anggota Komisi III yang hadir juga tak lebih dari tujuh orang. Sukma adalah istri anggota Komisi III Arsul Sani. Dan Arsul sendiri memilih tak hadir dalam proses ini.

"Supaya tidak ada konflik kepentingan. Toh kalau istri saya jadi anggota KY, hak-hak saya sebagai suami juga bisa berkurang," kata Arsul berkelakar saat dihubungi terpisah di luar Komisi III DPR.


(dnu/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed