DetikNews
Kamis 15 Oktober 2015, 16:42 WIB

Laporan Dari Franfurt Book Fair 2015

Saat Anak-anak Jerman Terpesona Dongeng Si Kancil dan Raja Hutan

Rachmadin Ismail - detikNews
Saat Anak-anak Jerman Terpesona Dongeng Si Kancil dan Raja Hutan Foto: Rachmadin Ismail
Frankfurt - 7 Anak-anak Jerman itu duduk santai melingkar di sofa empuk arena Island of Tales Paviliun Indonesia Frankfurt Book Fair 2015. Mereka sesekali tertawa ketika mendengar pendongeng Tety Elida bercerita soal kisah Si Kancil dan Raja Hutan.

Ya, dongeng adalah sebuah bahasa universal bagi anak-anak. Tak peduli latar belakang dari mana cerita itu berasal, kisahnya akan tetap menarik, tentu saja bila dibawakan dengan cara menarik pula.

Tety Elida selama hampir 30 menit mengisahkan Si Kancil dan Raja Hutan, Rabu (14/10/2015). Dia tak hanya bercerita, tapi juga berekspresi. Suara kancil dan harimau diberikan dengan intonasi berbeda dan ekspresi yang unik. Anak-anak itu dibuatnya terpesona. Setiap hal yang diucapkan Tety kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh seorang penerjemah yang duduk di sampingnya.

"Kancil, antar aku ke sana, aku akan mengatakan siapa raja hutan di hutan ini," salah satu kalimat yang diucapkan Tety saat mendongeng.

Usai acara, Tety mengatakan, pesan yang ada dalam dongeng tersebut sampai ke anak-anak. Berdasarkan pengalamannya selama ini, anak-anak di negara Eropa, bisa menerima cerita-cerita Indonesia. Bahkan sangat antusias.

"Sama seperti di Indonesia.. Ada yang berani dan pemalu. Tapi begitu ditanya pada mau ikut," ungkapnya.

Menurut Tety, pada prinsipnya setiap orang bisa jadi pencerita dan pendongeng. Bila kemampuan membunyikan suaranya kurang, para pembaca cerita bisa mengubahnya cukup dengan intonasi yang benar. "Itu cukup membantu biasanya," imbuh dosen yang juga menjabat sebagai wakil Ketua Kelompok Pencinta Bacaan Anak ini.

Tety menambahkan, mendengarkan cerita pada anak sudah terbukti membantu perkembangan mereka. Contoh nyata terjadi pada anak-anaknya, yang kini lebih kreatif dan berani mengungkapkan sesuatu, baik itu lewat tulisan atau kata-kata.
(mad/faj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed