DetikNews
Kamis 15 Oktober 2015, 16:45 WIB

Surya Paloh Terima Pengunduran Diri Patrice Rio Capella

Rini Friastuti - detikNews
Surya Paloh Terima Pengunduran Diri Patrice Rio Capella Foto: Rini Friastuti
FOKUS BERITA: Sidang Suap Rio Capella
Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menerima pengunduran diri Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella. Patrice mengundurkan diri setelah ditetapkan KPK jadi tersangka kasus korupsi.

"Saudara Patrice Rio Capella sejak kelahiran partai ini bersama ikut membesarkan partai ini. Satu setengah jam lalu secara khusus menyatakan keinginan dirinya dan mengatakan kesiapan dirinya untuk mundur dari Partai NasDem yang ikut dibesarkan olehnya. Saya katakan ini tentu memprihatinkan tapi inilah bagian dari sebuah komitmen atas konsistensi sikap yang terus menerus dipegang teguh oleh seluruh keluarga partai ini. Saya menghargai sikap Saudara Patrice artinya menerima pengunduran dirinya sebagai anggota dari Partai NasDem," kata Surya Paloh dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai NasDem, Jl RP Soeroso, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015) pukul 16.30 WIB.

Patrice Rio ditetapkan tersangka hari ini. Plt pimpinan KPK Johan Budi menyampaikan Rio diduga menerima suap terkait penanganan perkara Bansos di Kejati Sumut dan Kejagung. Bagi Surya Paloh hal ini adalah cobaan berat bagi NasDem.

"Memang ini adalah merupakan hari-hari yang cukup memprihatinkan baik dalam kapasitas saya pribadi dan tentu bagi seluruh keluarga besar Partai NasDem karena bagaimanapun juga tentunya ini menimbulkan sesuatu yang mungkin terasa cukup berat bagi kondisi perjalanan keberadaan institusi partai ini dengan menghadapi cobaan-cobaan yang terus menerus dihadapkan kepada partai ini," kata Surya Paloh.

Pengunduran diri Patrice adalah bagian dari komitmen kader NasDem. "Institusi Partai NasDem ini memiliki sebuah kesepakatan yang harus menjadi pegangan kepada seluruh fungsionaris dan anggota-anggotanya sekecil apapun kesalahan yang dikenakan atau mengena kepada diri anggota maupun fungsionaris kader partai ini di dalam kasus hukum lebih spesial lagi masalah tindak pidana korupsi apabila yang bersangkutan telah dikenakan statusnya sebagai tersangka maka kepadanya diberikan dua opsi yang pertama adalah mengundurkan diri yang kedua adalah diebrhentikan," pungkasnya.


(van/nrl)
FOKUS BERITA: Sidang Suap Rio Capella
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed