detikNews
Jumat 11 September 2015, 03:52 WIB

Ini Penampakan 'Danau Bacan' Sebelum dan Sesudah Terisi Air

Syahdan Alamsyah - detikNews
Ini Penampakan Danau Bacan Sebelum dan Sesudah Terisi Air Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Pemilik perusahaan tambang batu CV Bukit Alam Hijau, Fariz Nugraha yang juga pemilik lahan 'Danau Bacan' di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi Jawa Barat mengaku jika air yang mengisi cekungan danau adalah air hujan yang tertampung dalam areal tambang yang masih aktif. Fariz juga menyebut jika deposit bahan tambang yang berada di areal seluas 1000 meter itu masih bisa di eksploitasi hingga 50 tahun kedepan.

"Lokasi tambang itu sering dikunjungi mahasiswa Geodesi dari IPB yang melakukan penelitian, hasilnya di lokasi itu masih bisa diambil bahan Zeolit atau batu hijaunya hingga 50 tahun ke depan," terang Fariz kepada detikcom, Kamis (10/9/2015).

Fariz juga menegaskan tidak ada mata air yang keluar di sekitar areal tambang milik keluarganya, adapun air yang menggenang adalah akumulasi hujan dari tahun sebelumnya yang tertampung dalam cekungan. "Tidak ada yang istimewa, hanya cekungan biasa yang terisi air. Hanya saja berwarna hijau memang gradasi cahaya matahari dan dasar danau yang mengandung batuan zeolit," lanjutnya.

Danau Bacan saat tidak terisi air


"Itu tanah milik pribadi keluarga kami lebih dari 25 tahun kami melakukan eksploitasi semuanya memakai izin resmi dari pihak Dinas Pertambangan dan Energi. Jadi kami keberatan dengan sejumlah pihak yang menginginkan agar lokasi itu dijadikan tempat wisata," imbuh dia.

Fenomena danau hijau di Sukabumi terlanjur tersebar luas melalui media sosial dan disandingkan dengan Ranukumbolo di Gunung Semeru, oleh pengunjung danau itu dinamai Danau Bacan karena warnanya yang hijau. Bahkan oleh sebagian pengunjung karena gradasi warna yang mirip dengan batu bacan apabila tertimpa sinar.

Danau Bacan saat terisi air


"Ada teman yang posting, saya pikir awalnya mirip danau yang ada di Gunung Semeru ternyata lokasinya ada di sukabumi, karena penasaran ya saya ke sini. Ternyata airnya memang berwarna hijau," tutur Rara (21) salah seorang pengunjung asal Cihideung, Bogor yang sengaja datang bersama suaminya.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com