DetikNews
Jumat 04 September 2015, 16:25 WIB

Dor! Polisi Tembak 2 Penjambret Bermodus Tukar Tas Saat Korban Makan di Mal

M Iqbal - detikNews
Dor! Polisi Tembak 2 Penjambret Bermodus Tukar Tas Saat Korban Makan di Mal Foto: M Iqbal/detikcom
Jakarta - Bagi Anda yang terbiasa makan di tempat terbuka sambil meletakkan barang berharga di samping, harus lebih berhati-hati. Polisi baru menangkap komplotan pencuri spesialis barang-barang yang disimpan saat korban sedang makan.

"Proses penangkapan melalui CCTV, kita cari tahu orangnya. Kita kejar dan tangkap. Ditangkapnya ada yang di jalan dan kontrakan," ucap Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Audie Latuheru saat rilis kasus di kantornya, Jaksel, Jumat (4/9/2015).

Audie menjelaskan ada 3 orang yang berhasil ditangkap, dua di antaranya ditembak di kaki karena berusaha melarikan diri yaitu JP alias Solir dan AP alias Kepet. Satu lagi berinisial BJ alias Bebi. Ada satu yang masih diburu bernama Beni.

Pengungkapan kasus berawal saat para tersangka melakukan aksinya di salah satu mal di Tebet pada 6 Juli 2015. Korban yang makan di restoran, kehilangan tas ransel hitam yang berisi laptop, buku tabungan, flash disk dan dokumen penting lainnya.

Ketiga pencuri itu berbagi peran yaitu, JH mengambil dan menyerahkan tas ke AP serta menukar dengan tas lain. AP membawa tas keluar restoran, dan Beni menggeser tas ke JH untuk ditukar.

"Setelah diambil dicari penadah yang sedang kita cari (DPO -red)," ujarnya.

Barang bukti yang diamankan yaitu satu keping rekaman CCTV, 12 HP, satu powerbank, dua charger HP, satu buku tabungan bank, 6 dompet dan tas.

"(Hasil pencarian) digunakan untuk keperluan sehari-hari, karena tak punya pekerjaan tetap," ujarnya.

"Kalau menurut pengakuan sudah lebih dari satu tahun (beraksi)," ucap Audie.

Para tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal penjara 7 tahun.
(bal/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed