DetikNews
Minggu 30 Agustus 2015, 15:29 WIB

Cegah Konflik, Kodam Pattimura Gagas Program 'Penghijauan untuk Perdamaian'

Mega Putra Ratya - detikNews
Cegah Konflik, Kodam Pattimura Gagas Program Penghijauan untuk Perdamaian Foto: Dokumentasi Kodam Pattimura
Jakarta - Kodam XVI Pattimura melakukan berbagai cara untuk mencegah konflik di wilayahnya. Salah satunya dengan program penghijauan untuk perdamaian.

Program penghijauan ini akan melibatkan langsung masyarakat dan anggota KodamPattimura. Mereka akan dilatih melakukan pembibitan tanaman oleh tim dari PaguyubanBudiasiSentul.


Pembibitan akan dilakukan di atas lahan seluas 2000 meter persegi milik Muhsin, warga desa Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

Pangdam Pattimura Mayjen Doni Monardo dalam kegiatan silaturahmi dengan tokoh agama, masyarakat dan pemuda beberapa waktu lalu mengatakan dampak program ini mungkin tidak bisa dirasakan dalam waktu cepat. Tetapi hasilnya baru bisa dirasakan 8-10 tahun yang akan datang.

Beberapa tanaman yang disemai adalah tanaman cengkeh, pala,sunkist kisar, gandaria,jabon merah, kayu putih dan lain lain seperti tanaman endemik Kepulauan Maluku. Akan dilakukan juga peremajaan tanaman produktif agar dalam jangka menengah masyarakat bisa mendapatkan hasil yang baik.


Beberapa desa di Kecamatan Lehitu diketahui sering dilanda konflik. Di antaranya Desa Morella, Mamala, Negeri Lima dan Zeith. Melalui program ini, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya semakin meningkat.

Masyarakat antar desa juga diharapkan menjalin silaturahmi yang kuat sehingga mencegah terjadinya konflik antar masyarakat.

(ega/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed