DetikNews
Rabu 10 Juni 2015, 23:06 WIB

Tragedi Angeline

Sang Nenek Angkat Bicara Tentang Asal Muasal Angeline Diadopsi

Putri Akmal - detikNews
Sang Nenek Angkat Bicara Tentang Asal Muasal Angeline Diadopsi Nenek Misyah dan Aisyah (foto: Putri/detikcom)
Banyuwangi, -

Angeline (8), bocah yang ditemukan tewas di rumah ibu angkatnya di Jalan Sedap Malam, Sanur, Bali itu sejatinya ialah anak kandung dari pasangan Rosidi dan Hamidah. Keduanya merupakan warga asli Banyuwangi yang kini sudah bercerai.

Dari hasil pernikahan tersebut, pasangan suami istri (pasutri) ini dikaruniai tiga orang putri. Putri pertama bernama Ina (10) yang kini diasuh sang ayah. Lalu anak kedua yaitu Angeline (8) dan putri ketiga yaitu Aisyah (2). Aisyah saat ini diasuh oleh Misyah sang nenek di Dusun Tulungrejo, Desa Wadungpal Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Lantas bagaimana asal muasal hingga Angeline bisa diasuh oleh Margriet dan seorang pria bule di Bali? Ini dia kisahnya.

Dengan bahasa dan logat Madura, Misyah yang merupakan ibu kandung Hamidah menuturkan, usai melahirkan Angeline di sebuah rumah sakit di Bali, Rosidi dan Hamidah tak bisa menebus biaya persalinan. Lalu seorang pria bule kulit putih bersama Margriet bersedia membayar biaya persalinan Hamidah tersebut. Alasan ekonomi inilah yang membuat Angeline akhirnya diserahkan untuk diadopsi.

"Karena tidak bisa nebus (biaya persalinan) Rumah Sakit. Terus diadopsi," ungkap Misyah saat ditemui detikcom dirumahnya, Rabu (10/6/2015) malam.

Di rumah sederhana berdinding anyaman bambu, sambil memangku Aisyah, Misyah mengaku jika selepas diadopsi, pihak keluarga di Banyuwangi dan orang tua kandung Angeline tidak pernah melihat sosok gadis mungil tersebut. Bahkan selembar foto pun tak pernah ada keluarganya yang tahu.

"Sejak lahir sampai sekarang tidak ada yang tahu gimana wajahnya Angeline. Habis diadopsi orang tua dan keluarga tidak boleh ada yang ketemu jadi Hamidah cuma tahu aja siapa yang ngadopsi gitu," beber Misyah.

Kepada ibunya, Hamidah juga sempat bercerita jika Angeline di adopsi sejak lahir dan pihak Margriet tidak pernah memberi dimana alamat pasti mereka tinggal. Dan ketika ditanya tentang surat keterangan adopsi Angeline, pihak keluarga di Banyuwangi menyatakan jika surat itu hanya diketahui dan disimpan oleh orang tua Angeline.

"Suratnya ada, tapi kita tidak tahu di mana, yang menyimpan ya orang tua nya," tutur Misyah dengan nada lirih.




(rna/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed