DetikNews
Selasa 09 Juni 2015, 12:38 WIB

3 Ide Peretas Macet Kota Jakarta akan Tarung di New Cities Summit 2015

Nograhany Widhi Koesmawardhani - detikNews
3 Ide Peretas Macet Kota Jakarta akan Tarung di New Cities Summit 2015
Jakarta -

Macet Kota Jakarta yang tak berkesudahan membuat New Cities Foundation menggelar New Cities Summit 2015 di Jakarta. Dalam gelaran ini, 3 ide warga Jakarta akan diadu untuk meretas kemacetan Jakarta melalui Jakarta Urban Challenge. Ide apa saja?

"Di Jakarta Urban Challenge, kita akan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan mobilitas warga Jakarta. Ada sekitar 240-an proposal yang masuk, dari tim Indonesia," jelas Chairman New Cities Foundation, John Rossant.Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers bersama Gubernur DKI Basuki T Purnama di arena New Cities Summit 2015 di Ciputra Art Preneur, Mal Ciputra World, Kasablanka, Jakarta, Selasa (8/6/2015).

"Jakarta menjadi dipilih untuk New Cities Summit karena memiliki masalah kemacetan lalu lintas, warganya banyak, menjadi kota internasional dan ada pembangunan MRT sekarang," imbuh Rossant.

Dari 240-an proposal yang masuk sejak Maret 2015, kini sudah ada 3 ide yang menjadi finalis. Masing-masing ide dikerjakan oleh tim yang terdiri dari 3-5 orang. 3 Ide itu adalah:

1. Squee Mobile App: Aplikasi yang menyatukan pejalan kaki dan pengendara sepeda untuk berpergian bersama lewat rute yang lebih singkat, aman, dan bebas kendaraan bermotor melewati kampung-kampung di perkotaan Jakarta.

2. Jalan Aman (Safe Passage): Aplikasi mobile yang fokus pada keamanaan komuter wanita, memungkinkan pengguna untuk saling berbagi lokasi mereka, melaporkan kejadian pelecehan dan mengakses informasi mengenai pilihan transportasi yang lebih aman kepada pengguna lain.

3. Cyclist Urban System: Sebuah rencana untuk menciptakan “Pusat Pengendara Sepeda” yang terdedikasi, di mana pengendara sepeda dapat memarkir sepeda mereka, berganti pakaian, membeli minuman, memperbaiki sepeda mereka, mendapatkan pertolongan pertama dan informasi rute dan menyewa sepeda.

Ide mereka akan dipresentasikan pada 800 delegasi dari 45 negara serta juri panel hari ini pukul 16.45 WIB ini. Juri terdiri dari antara lain Chairman New Cities Foundation John Rossant, pendiri Grameen Bank penerima Nobel M Yunus, Kepala Tim Gubernur DKI untuk Percepatan Pembangunan Jakarta Sarwo Handayani, Deputi Gubernur bidang Transportasi, Perdagangan dan Industri Sutanto Suhodo dan Pakar Transportasi Urban dari Bank Dunia Ke Fang.

Pemenang pertama akan menerima US$ 10 ribu (sekitar Rp 130juta), pemenang kedua akan menerima US$ 6 ribu dan pemenang ketiga akan menerima US$4 ribu. Hadiah ini digunakan untuk mengimplementasikan ide yang diusulkan finalis.

Jakarta Urban Challenge ini merupakan yang pertama di Jakarta. Gelaran New Cities Summit 2015 sendiri merupakan gelaran keempat, namun yang pertama di Asia. Berbagai pakar perkotaan dan gerakan perkotaan hadir di sini. Dari Indonesia sendiri, ada pendiri Go Jek, Nadiem Makarim yang akan berbicara mengenai bisnis sosial ojek yang dirintisnya pada 2010 lalu.

New Cities Summit sendiri sebelumnya diadakan berturut-turut di Dallas, AS (2014), Sao Paulo-Brasil (2013) dan Paris-Prancis (2012).




(nwk/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed