DetikNews
Jumat 05 Juni 2015, 16:08 WIB

Menengok Rumah Tempat Lahir Bung Karno di Surabaya

Zaenal Effendi - detikNews
Menengok Rumah Tempat Lahir Bung Karno di Surabaya Rumah tempat Bung Karno dilahirkan. (Foto-Zaenal Effendi/detikcom)
Jakarta - Mendiang Presiden Sukarno lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 6 Juni 1901. Putera 'Sang Fajar' lahir dari pasangan Soekemi dengan Ida Ayu Nyoman Rai dengan nama kecil Koesno. Seperti apa rumah tempat lahir Bung Karno itu saat ini?

Tidak banyak yang mengetahui rumah lahir Presiden pertama Indonesia, Sukarno. Di rumah seluas 5 X 14 meter di Jalan Peneleh gang andean IV nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng merupakan rumah kelahiran Bapak Proklamator, Sukarno.

Awalnya rumah yang dihuni 4 orang ini tak banyak kenal dan tahu. Namun, pasca ditetapkan sebagai ‘Bangunan Cagar Budaya’ 2013 silam sebagai “Rumah Kelahiran Bung Karno” oleh Pemerintah Kota Surabaya saat itu diresmikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Rumah berwarna putih dan hijau pucat untuk bingkai pintu serta jendelanya ini menjadi perbincangan banyak orang. Bagaimana kondisi rumah ini jelang Hari kelahiran Bung Karno?

Mencari rumah tersebut tidak terlalu sulit, tinggal cari Jalan Peneleh. Setelah itu, tinggal mencari gang Pandean IV nomor 40 yang ada di sisi kiri jalan dan menyusuri gang dengan lebar sekitar 3,5 meter.

Persis di depan gapura, ada sebuah prasati dan baliho bergambar Bung Karno bertuliskan, 'Di sini Tempat Kelahiran Bapak Bangsa Dr. Ir. Soekarno. Penyambung Lidah Rakyat, Proklamator, Presiden pertama RI, Pemimpin Besar Revolusi'.

Prasasti itu ditandatangani di Surabaya, 29 Agustus 2010 oleh Wali Kota Surabaya saat itu, Bambang DH.

Di prasasti ini, tertulis pula Pandean IV/40, 06 Juni 1901(Kamis Pon). Nah, tepat di atas prasasti ini, terdapat baliho bergambar Sukarno bertuliskan “Pandean Bersejarah, Tanah kelahiran Soekarno, 06 Juni 1901, Kampoeng Soekarno”.

Rumah yang saat ini ditempati Djamilah bersama 3 saudaranya ini dibenarkan warga sebagai rumah tempat lahir Sukarno. Di atas daun pintu rumah tersebut terpasang pelat kuning yang menjelaskan sebagai bangunan cagar budaya dengan SK Walikota Surabaya nomo 188.45/321/436.1.2/2013.

  • Menengok Rumah Tempat Lahir Bung Karno di Surabaya
    Rumah tempat Bung Karno dilahirkan. (Foto-Zaenal Effendi/detikcom)
  • Menengok Rumah Tempat Lahir Bung Karno di Surabaya
    Rumah tempat Bung Karno dilahirkan. (Foto - Zaenal Effendi/detikcom)

(erd/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed