DetikNews
Rabu 27 Mei 2015, 12:09 WIB

BPOM: Sampel Kami Sama dengan Sucofindo, Tak Ada Beras Campur Plastik

- detikNews
Jakarta - Kepala BPOM Roy Sparinga menegaskan tak ada beras campur plastik. Sampel yang mereka periksa, sama dengan yang diperiksa Sucofindo. Hasilnya beras bersih tak ada mengandung plastik.

“Balai Besar POM seluruh daerah tidak ada sampel beras yang mengandung plastik. Pemerintah betul-betul mengawal. Badan POM ambil sampel dengan yang sama dengan Sucofindo,” jelas Roy di Cipinang, Jaktim, Rabu (27/5/2015).

Namun Roy tak berkomentar dengan hasil uji yang disampaikan Sucifindo. Roy menegaskan, pihaknya sudah melakukan validasi pengujian sampel dengan benar. Pengujian dilakukan dengan hati-hati.

“Uji logam berat, tidak terdeteksi adanya kadmium dan Pb. Kami lakukan semua uji secara profesional. Tim kami siap untuk diundang mendiskusikan ini, termasuk mengundang pakar lain di luar tim penguji. Titik leleh terbukti tidak mengandung plastik. Kita lakukan uji dengan parameter uji kandungan plastik,” imbuh dia.

Roy meminta masyarakat agar tenang dan tak panik soal isu beras ini. Dipastikan beras plastik tak ada.

“Masyarakat diimbau tenang. Sampel kami laporkan bahwa hasilnya negatif. Kementerian Perdagangan, Pertanian, dan Polri negatif. Ada 25 sampel negatif. Kami punya sentra pakarnya tentang polymer plastik menyatakan negatif,” tegas dia.




(Indra Subagja/Rachmadin Ismail)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed