DetikNews
Kamis 21 Mei 2015, 17:12 WIB

Sultan Sebut Sabda Raja 'Wangsit' Leluhur, Adik: Kami Sulit Percaya Itu

Sukma Indah Permana - detikNews
Sultan Sebut Sabda Raja Wangsit Leluhur, Adik: Kami Sulit Percaya Itu (Foto: Sukma Indah P/detikcom)
Yogyakarta - Para adik Sri Sultan Hamengkubuwono X masih belum bersepakat dengan Sabda Raja dan Dawuh Raja. Salah satu adik Sultan, GBPH Hadisuryo, mengaku sulit mempercayai bahwa Sultan mendapatkan wangsit dari leluhur.

"Jawaban (Sultan) karena ada wangsit dari Sultan Agung, Panembahan Senopati, Sultan HB I, Sultan HB IX. Saya langsung jawab saya tidak percaya di situ. Sulit mempercayai itu," ujar Gusti Hadisuryo.

Hal ini diceritakan Gusti Hadisuryo usai menemui Sultan untuk menanyakan Sabda Raja di Gedong Jene Keraton Yogyakarta, Kamis (21/5/2015).

Para adik Sultan yang datang ke Keraton hari ini adalah para perwakilan putra-putri‎ dari istri pertama Sri Sultan Hamengkubuwono IX, KRAY Pintoko Purnomo. Gusti Hadisuryo pun menegaskan dia dan para adik Sultan hingga saat ini masih berbeda pendapat dengan sang kakak.

Namun dia menekankan mereka harus menemukan solusi agar keluarga Keraton Yogyakarta tetap solid. Hal ini mengingat Sri Sultan HB IX adalah sosok pahlawan yang memiliki jasa luar biasa di negeri ini.

"Ini bisa dimanfaatkan orang-orang yang nggak suka untuk memecah belah. Kita harus tetap solid," katanya.

Sabda Raja dan Dhawuh Raja dikeluarkan pada hari Kamis (30/4/2015) dan Selasa (5/5/2015). Pada Jumat (8/5/2015), Sultan menjelaskan soal kedua hal tersebut dan menyebut tak memiliki dukun. Sabda dan Dawuh Raja merupakan perintah 'Gusti Allah'.




(Sukma Indah Permana/Triono Wahyu Sudibyo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed