DetikNews
Minggu 10 Mei 2015, 16:45 WIB

Laporan dari Nepal

Ketika Para Biksuni Berkumpul di Tenda Pengungsian di Nepal

- detikNews
Ketika Para Biksuni Berkumpul di Tenda Pengungsian di Nepal
Bhaktapur - Peristiwa menarik terjadi di salah satu distrik di Nepal. Sebuah lapangan yang menjadi tempat pengungsi gempa Nepal diramaikan oleh para biksuni atau biksu wanita.

Peristiwa ini terjadi di Bhaktapur, Nepal, Minggu (10/5/2015). Puluhan biksuni dengan jubah merah dan oranye berkumpul di tengah lapangan yang berdiri belasan tenda pengungsi berbagai ukuran.

Sebuah meja panjang berada di hadapan mereka dihiasi bunga-bunga dan dua patung Buddha putih di ujung meja. Satu persatu pengungsi yang menganut agama Buddha berbaris, mengambil bunga-bunga itu dan meminta berkat.

"Mereka berkumpul untuk merayakan Waisak, Hari Ibu Taiwan dan hari berdirinya Buddhist Tzu Chi," kata salah satu koordinator, Anil Sakya di lokasi.

Selain merayakan tiga hal tersebut, biksuni ini bersama Buddhist Tzu Chi juga memberikan bantuan kepada para korban gempa di kota bersejarah tersebut. Total ada 7.000 paket bantuan logistik yang dibagikan kepada warga setempat.

"Bantuan ini untuk mereka yang menjadi korban gempa. Total populasi di sini 4.000 orang tapi kami memberikan 7.000 paket logistik untuk mereka," ujar biksu berjubah oranye tersebut.

Sementara itu, menurut Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh merangkap Nepal, Iwan Wiranataatmadja, bantuan berupa beras dan perlengkapan MCK. Iwan pun mengapresiasi salah satu yayasan dari Indonesia yang turut membantu mengurangi penderitaan masyarakat Nepal.

"Maka itu, di bawah koordinasi Tzu Chi Indonesia, kita akan terus mengidentifikasikan di mana bantuan ini bisa diberikan," ucap Iwan di lokasi yang sama.

  • Ketika Para Biksuni Berkumpul di Tenda Pengungsian di Nepal
  • Ketika Para Biksuni Berkumpul di Tenda Pengungsian di Nepal

(vid/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed