DetikNews
Minggu 10 Mei 2015, 16:28 WIB

#SaveSiJambulKuning

Kakatua Dikembalikan ke Tual, Warga Sekitar akan Diberi Penyuluhan

- detikNews
Kakatua Dikembalikan ke Tual, Warga Sekitar akan Diberi Penyuluhan
Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memberi penyuluhan kepada warga di Tual, Maluku Tenggara agar ikut menjaga dan melestarikan kakatua si jambul kuning. Pasalnya seluruh kakatua yang secara sukarela telah diserahkan oleh warga, nantinya akan dilepaskan di wilayah itu.

"Sosialisasi akan kita lakukan," kata Menteri Siti Nurbaya saat dihubungi, Minggu (10/5/2015).

Kementerian saat ini memang masih terus mengumpulkan kakatua dari warga. Ada yang dijemput dari rumah, namun tidak jarang warga secara inisiatif datang ke tiga posko menyerahkan langsung.

Setelah terkumpul, satwa langka itu akan direhabilitasi. Petugas akan kembali mengenalkan alam dan mendatangkan kembali sifat liar hewan tersebut. Jika tidak, para hewan itu dikhawatirkan tidak akan bisa beradaptasi karena terbiasa rutin menerima pasokan makanan.

Setelah siap, barulah mereka akan dilepaskan di hutan yang ada di kawasan Tual, Maluku Tenggara. Sosiliasi mulai dari media hingga pemberitahuan secara langsung.

"Kami minta mereka untuk ikut menjaga. Kita beritahu soal pelepasan ini, sekaligus edukasi hewan ini sudah hampir punah dan mereka kita ajak kerjasama menjaga kakatua dari tangan-tangan jahat," tandasnya.


(mok/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed