detikNews
Selasa 21 April 2015, 21:15 WIB

Peringatan 60 Tahun KAA

Sidak ke Media Center KAA, Luhut: 99.9% Sudah Siap

- detikNews
Sidak ke Media Center KAA, Luhut: 99.9% Sudah Siap Luhut Pandjaitan Lakukan Sidak Persiapan Gala Dinner KAA (Foto: Ayunda/detikcom)
Jakarta - Sejumlah kepala negara dipastikan akan hadir di Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) besok. Untuk memastikan segala persiapannya, Ketua Panita Nasional KAA Luhut Binsar Pandjaitan melakukan sidak.

Luhut memulai rangkaian sidak dengan mengecek Media Center yang merupakan tempat para wartawan berkumpul. Pantauan di lokasi, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan ini meninjau sejumlah spot di ruangan besar tersebut.

Dia tampak takjub dengan disediakannya sejumlah ruangan yang dibuat dari sekat-sekat untuk para awak media melakukan interview dengan delegasi.

"Bagus juga ya. Kita meninjau karena presiden mau ke press room," ujar Luhut saat dikonfirmasi perihal kedatangannya oleh wartawan, Selasa (21/4/2015) malam.

Usai dari ruang media, Luhut yang juga ditemani Seskab Andi Widjajanto dan Mensesneg Pratikno itu langsung menuju panggung photo booth yang ada di lobby utama Gedung JCC. Sambil sesekali memberi pengarahan, Luhut meminta agar panggung photo booth tidak dibongkar.

"Ini saya rasa nggak usah dibongkar lah. Mahasiswa pasti senang foto-foto di sini. Jangankan mahasiswa, ini panitia juga pada senang foto-foto di sini kan," lanjutnya sambil tertawa kecil.

Sidak berlangsung tidak cukup lama. Setelah berkeliling sekitar 15 menit, Luhut menyampaikan kepada media kesiapan untuk KAA besok yang akan dihadiri kepala negara sudah mencapai 99,9 persen.

"Besok saya kira nggak ada yang kurang 99,9 persen sudah selesai. Pagi seremoni terus foto bersama terus mulai pembukaan kemudian break kemudian mulai sidang," kata Luhut.

Dia menyebut dalam gala dinner tersebut, seluruh petinggi negara akan mengenakan kemeja batik. Belum diketahui siapa nantinya yang akan duduk semeja bersama Presiden Jokowi.

"Gala dinner nggak ada special, semua kepala negara pakai batik tenun. (Soal pengaturan kursi) belum tahu, karena itu protokol yang mengatur. Bisa saja menjelang acara berubah lagi," ucapnya.

Menurut Luhut, sebanyak 106 negara akan hadir besok. Informasi sementara mengenai jumlah kepala negara yang hadir, Luhut menyebut ada 29 orang.

"Jumlah yang datang 106 negara dengan peninjau lebih banyak. Kepala negara malah turun jadi 29 karena di Afsel terjadi huru-hara, Venezuela yang sakit, Mesir berhalangan, Srilanka datang tapi bukan kepala negara," kata Luhut.

Sebelumnya, jubir Kemlu Aranatha Nasir mengatakan sebanyak 21 kepala negara dipastikan hadir besok.

  • Sidak ke Media Center KAA, Luhut: 99.9% Sudah Siap
    Luhut Pandjaitan Lakukan Sidak Persiapan Gala Dinner KAA (Foto: Ayunda/detikcom)
  • Sidak ke Media Center KAA, Luhut: 99.9% Sudah Siap
    Luhut Pandjaitan Lakukan Sidak Persiapan Gala Dinner KAA (Foto: Ayunda/detikcom)

(aws/rni)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed