DetikNews
Senin 20 April 2015, 22:27 WIB

Dinilai Berkontribusi dalam Syiar Islam, Chairul Tanjung Raih MUI Award

- detikNews
Dinilai Berkontribusi dalam Syiar Islam, Chairul Tanjung Raih MUI Award
Bandung, - Chairul Tanjung (CT) meraih Majelis Ulama Indonesia (MUI) Award 2015 karena dinilai sebagai pengusaha muslim yang berkontribusi dalam syiar Islam di Indonesia. Ribuan orang menyaksikan langsung acara tersebut di Masjid Agung Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung atau Masjid Besar Trans Studio Mal, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (20/4/2015) malam.

MUI Kota Bandung melihat CT sebagai figur teladan yang sudah membuktikan peran dan jasa dalam dakwah Islam yang salah satunya dengan membangun masjid megah untuk umat. "Saya bangga dan bahagia karena menerima award dari MUI Bandung. Saya ucapkan terima kasih," kata CT saat memberikan sambutan.

Pemilik CT Corp ini sebenarnya tak mengharapkan merengkuh penghargaan. Berpakaian putih dan kopiah hitam, CT menegaskan kalau urusan membangun masjid ini merupakan kewajiban. "Saya hormati MUI Bandung. Jadi apa yang saya lakukan ini menjadi contoh untuk orang-orang lain," ujarnya.

CT menyebut sengaja mendirikan masjid tersebut di area tempat belanja dan wahana hiburan keluarga. "Saya ingin mendekatkan tempat ibadah dan pusat belanja," ucap CT.

Dalam kesempatan tersebut, CT meminta umat muslim di Bandung turut bersama-sama menjaga masjid ini. Dia juga meminta agar warga Jawa Barat, terutama Bandung, memanfaatkan semaksimal mungkin aktivitas keagamaan di rumah ibadah nan modern tersebut.

"Jangan ada lagi pengajian-pengajian yang menyewa tempat. Ya karena tempat ini dibuat senyaman mungkin untuk warga Bandung dan Jabar. Jangan mikir bayar listriknya bagaimana. Masjid ini sudah ada yang mengurus, tinggal pakai," tutur CT.

Ketua MUI Kota Bandung Miftah Faridl menegaskan CT pantas mendapat penghargaan MUI Award 2015. Pihak MUI Bandung, sambung Miftah, melaksanakan pendataan dan penggalian informasi sewaktu proses award.

"Kami menilai Pak Chairul Tanjung bagian tak terpisahkan dari masyarakat Islam di Indonesia. Pak Chairul pengusaha muslim sukses yang telah membangun masjid besar ini," ucap Miftah dalam sambutannya.

"Malam ini MUI Bandung menganugerahkan penghormatan atas jasanya menegakkan syiar Islam," kata Miftah menambahkan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas anugerah MUI Kota Bandung kepada CT. "Masjid megah ini satu-satunya di Kota Bandung. Saya ucapkan terima kasih, karena inilah wajah Islam di masa mendatang," kata Emil, sapaan Ridwan, sewaktu menyampaikan sambutan.

"Masjid megah ini tidak kalah dengan Masjid Nabawi," ujar Emil yang selama ini dikenal sebagai arsitek.

Selain CT, MUI Award 2015 diberikan juga kepada Muhammad Shamsi Ali yang merupakan tokoh Islam asal Indonesia yang menjadi mubalig di New York, Amerika.

"Kita saksikan peristiwa bersejarah. Dua hamba Allah ini betul-betul manusia terbaik yang dimiliki republik ini," ucap Emil.

  • Dinilai Berkontribusi dalam Syiar Islam, Chairul Tanjung Raih MUI Award
  • Dinilai Berkontribusi dalam Syiar Islam, Chairul Tanjung Raih MUI Award

(bbn/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed