DetikNews
Senin 20 April 2015, 20:10 WIB

Wanita Bulgaria Pencuri Uang Nasabah WNA, Sewa Vila Mewah di Seminyak

- detikNews
Wanita Bulgaria Pencuri Uang Nasabah WNA, Sewa Vila Mewah di Seminyak
Jakarta - Bali bagi Iliana Tzevetanovc (46) bukanlah tempat baru dalam melakukan aksi pencurian uang dengan menggunakan router di mesin ATM. Rupanya, Iliana sudah dua tahun berada di Bali.

Menurut Kepala Sub Direktorat Cyber Crime Komisaris Besar Rahmad Wibowo para pelaku dengan leluasa masuk ke Bali dengan menggunakan visa wisata. "Bahkan mereka menyewa vila mewah ratusan juta di Seminyak selama menetap di Bali," kata Rahmad di Bareskrim Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (20/4/2015).

Iliana diduga leluasa dapat menetap lama dan menyewa sebuah vila mewah dengan menggunakan identitas palsu. Indikasi ini didapat saat polisi menangkap Iliana di vila sewaannya dimana terdapat identitas palsu.

"Ini digunakan pelaku untuk menyewa vila, mobil, maupun transaski lainnya dengan maksud untuk menghilangkan jejak kejahatannya," kata Rahmad.

Iliana ditangkap setelah polisi melakukan penyelidikan atas laporan pihak perbankan atas ketidakwajaran aktifitas sejumlah warga asing di sebuah ATM. Aktifitas tak wajar dimaksud adalah adanya modifikasi mesin ATM dengan memasang router, alat persis skimer namun berfungsi untuk menyadap transaksi perbankan. Lalu, ada pula temuan cctv yang dipasang pelaku di tudung penutup tombol angka.

Ditengarai Iliana adalah sindikat Bulgaria yang malang melintang melakukan pencurian uang di Eropa dengan modus serupa. Setiap uang yang dicuri dari setiap nasabah memang tidak besar, satgu nasabah dicuri 300 euro. "Sedikit tapi banyak, terhitung sudah ada 560 nasabah yang mereka curi uangnya," kata Rahmad.

Penyidikan kasus ini tidaklah mudah. Penyidik harus bersusah payah mencari korban untuk menjadi saksi terkait aksi kejahatan Iliana. Ditambah lagi 28 negara yang menjadi anggota Uni Eropa memiliki peraturan hukum berbeda serta ketatnya kebijakan bank secrecy yang betul-betul melindungi nasabahnya.

"Dalam menhadapi kendala yuridis itu penyidik cyber crime telah berkoordinasi dengan Eurojust (lembaga yang menaungi jaksa di seluruh Eropa) untuk keperluan persidangan terhadap perkara pidana serius antar negara di Eropa maupun di luar Eropa," kata Rahmad.

  • Wanita Bulgaria Pencuri Uang Nasabah WNA, Sewa Vila Mewah di Seminyak
  • Wanita Bulgaria Pencuri Uang Nasabah WNA, Sewa Vila Mewah di Seminyak

(ahy/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed