DetikNews
Rabu 08 April 2015, 11:24 WIB

Permohonan SDA Ditolak, Hakim: Penetapan Tersangka Bukan Objek Praperadilan

Dhani Irawan - detikNews
Permohonan SDA Ditolak, Hakim: Penetapan Tersangka Bukan Objek Praperadilan
Jakarta - Permohonan praperadilan yang diajukan oleh Suryadharma Ali (SDA) ditolak oleh hakim tunggal Tatik Hadiyanti untuk seluruhnya. ‎Hakim Tatik berpendapat bahwa penetapan tersangka bukan objek praperadilan.

‎"Menimbang bahwa menurut pasal 77 juncto pasal 1 angka 10 KUHAP, maka sah tidaknya penyidikan dan penetapan tersangka bukan objek praperadilan‎," kata hakim Tatik saat membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2015).

Hakim Tatik juga mengutip pendapat ahli bahwa penetapan tersangka bukanlah upaya paksa melainkan hanya perubahan status administratif. Selain itu, hakim juga mengatakan apabila pasal 77 KUHAP telah secara jelas mengatur objek praperadilan secara limitatif.

"Menimbang apabila berpedoman pada pasal 1 angka 10 KUHAP dan pasal 77 KUHAP dan diperluas pasal 82 KUHAP jelas bukan merupakan kewenangan praperadilan," kata Tatik.

Hakim Tatik juga mengatakan bahwa SDA belum ditahan sehingga belum ada upaya paksa yang dilakukan oleh KPK. ‎Hakim Tatik kemudian memutuskan permohonan praperadilan yang diajukan oleh SDA ditolak untuk seluruhnya.




(dha/fjr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed